Home Aceh Langsa Adalah "BANDUNG" nya Aceh

Langsa Adalah “BANDUNG” nya Aceh

LANGSA – Jika kita pergi ke provinsi jawa barat tepatnya di kota Bandung. Maka yang pertama terbayang adalah fashion, kulinernya serta bangunan tua.

Kota yang dijuluki kota kembang itu juga terkenal memiliki kampus ternama seperti Institut Tehnologi Bandung (ITB) dan lembaga pendidikan lainnya.

Adalah Kota Langsa, wilayah yang terletak di penghujung timur provinsi aceh. Jika datang dan tiba di kota langsa diwaktu pagi hari maka akan disambut suguhan semerbak harum dan warna warni bunga taman dalam kota yang semakin menyejukkan pandangan mata.

Bila datang dan tiba pada malam hari. Kerlap kerlip cahaya lampu hias yang membentang disepanjang jalan utama serasa bagaikan menyapa dan meyambut kedatangan anda.

Kota langsa juga memiliki sejumlah bangunan tua dan bersejarah, bukti dari sisa peninggalan zaman masa penjajahan colonial Belanda.

Diantaranya, seperti bangunan Balee Juang yang terletak ditengah jantung kota langsa. Bangunan Pendopo Walikota yang dulunya adalah merupakan kantor kewedanaan, Monumen tugu PDAM yang dibangun semasa penjajahan belanda.

Pemandangan itu merupakan sebahagian kecil bangunan yang memiliki nilai historis, disamping bangunan bersejarah lainnya yang ada di langsa.

Berbicara kulliner, kota langsa adalah kota yang tepat bagi tujuan anda dan keluarga bila ingin “memanjakan lidah”.  Berbagai cita rasa masakan makanan khas seperi masakan khas sunda, (jawa barat), Khas padang (Sumaters Barat), makanan khas Palembang (Sumatera Selatan), makanan khas Madura dan masakan khas Aceh itu sendiri. Kesemuanya dapat dinikmati dan akan lebih indah ketika bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Melihat potensi ini, Walikota Langsa, Usman Abdullah.SE dan Wakil Walikota Drs. H. Marzuki Hamid. MM, melahirkan sebuah ide cemerlang, yaitu membangun sebuah Pasar Kuliner. Diharapkan fasilitas tersebut dapat menjadi media bagi para pedagang kuliner tradisional yang ada di kota langsa.

Tujuannya selain dapat mendongkrak sektor pendapatan ekonomi masyarakat, juga diharapkan bagian dari destinasi wisata kuliner di pemerintahan kota pemilik lima kecamatan dan 66 gampong itu.

Fashion, kota langsa juga tidak ketinggalan dengan kota besar lainya. Fasilitas atau sarana pusat perbelanjaan mode dari berbagai produk serta merk ternama dan berkwalitas juga tersedia di kota langsa.

Seperti sarana pusat perbelanjaan LATOS, maupun sejumlah  rumah Mode,  butik dan ruko yang terletak di jalan Teuku Umar Langsa memajang berbagai merk atau produk fashion di kaca etalase. Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kesemuanya adalah untuk memenuhi selera serta kebutuhan masyarakat penggemar fashion yang datang ke kota langsa.

Bagaimana khabar lembaga pendidikan. Kota Langsa juga memiliki universitas atau perguruan tinggi ternama dan tidak kalah mentereng, mutu serta kwalitasnya  sangat bersaing dengan sejumlah perguruan tinggi negeri yang ada di daerah lainnya.

Adalah Universitas Negeri Samudera (Unsam) Langsa dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa. Saat ini merupakan pilihan favorit serta menjadi incaran dan tujuan para calon mahasiswa baru, baik dari dalam kota maupun luar kota langsa.

Kondisi itu dapat dilihat dari tingginya angka jumlah peminat pendaftaran calon mahasiswa untuk belajar di dua kampus tersebut.

Langsa..Gadisnya selain cantik dan manis. Pemudanya  juga gagah dan tampan. Masyarakatnya ramah serta bersahaja. Selain itu juga memiliki sikap toleransi yang tinggi. Apalagi kepada tamu atau pendatang dari luar daerah yang datang berkunjung ke kotanya.

Kota langsa juga merupakan pilihan alternatif sebagai kota tempat singgah menginap sementara oleh sebahagian para pejabat dan pebisnis maupun para pengusaha yang datang dari luar daerah, seperti dari pusat (Jakarta) ketika melakukan kunjungan ke provinsi Aceh.

Hal itu tidak terlepas dari faktor kultur sosial masyarakatnya yang heterogen. kota ini juga memiliki fasilitas hotel atau penginapan yang berkelas hotel berbintang.

Nah..apalagi yang ditunggu, ayo segera ke langsa.![Jagad]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Dugaan Maling Volume Pekerjaan Jalan Nodai WTP ke 8 Walikota Langsa

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Presidium Aliansi Aktivis Merdeka (Alaska), Abdi Maulana, memberi apresiasi kepada Walikota Langsa dalam prestasinya meraih penghargaan WTP ke 8 berturut-turut dari...

Fraksi Demokrat Ajak Publik Soroti Bukti dan Saksi KLB Ilegal di Pengadilan TUN

AtjehUpdate.com,- JAKARTA | Sidang gugatan Moeldoko ke Menkumham RI atas ditolaknya pengesahan KLB Deli Serdang, memasuki Tahap Pembuktian. Sidang perkara No. 150/G/2021/PTUN-JKT yang diketuai...

Bupati Aceh Timur Dampingi Kapolres Ziarahi Makam Sayed Abu Bakar di Idi Rayeuk

AtjehUpdate.com,- Aceh Timur | Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin HM Thaib SH, mendampingi Kapolres Aceh Timur, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K, melakukan...

Makin Mesra Dengan Eksekutif, Fungsi Kontrol Dewan Aceh Tamiang Tergadaikan

Oleh : Yandri AtjehUpdate.com,- | Seperti kehilangan arah dan makin tak jelas fungsi sebagai wakilnya rakyat, dewan perwakilan rakyat Aceh Tamiang justru terlihat makin mesra...

Recent Comments