Home / Hukrim

Kamis, 21 Mei 2020 - 21:24 WIB

Fadli Zon: Pemindahan Habib Bahar ke Nusakambangan Tanpa Sepengetahuan Keluarga

AtjehUpdate.com,- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan pemindahan terpidana kasus penganiayaan Habib Bahar Bin Smith ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah tanpa sepengetahuan keluarganya.

Informasi tersebut didapatkan Fadli dari keterangan istri Bahar Bin Smith. “Barusan saya dapat telepon dari istri Habib Bahar bahwa pemindahan tersebut tidak diketahui keluarga maupun Tim Pengacara,” kata Fadli dikutip dari akun Twitter pribadinya, @fadlizon, Rabu (20/5/2020).

Selain itu, Mantan Wakil Ketua DPR ini juga membeberkan bahwa keluarga Bahar dipersulit ketika mau menjenguk di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Keluarga juga dipersulit ketika mau menjenguk di Lapas Gunung Sindur. Kenapa jadi makin sewenang-wenang begini ? Apalagi ini bulan Ramadhan jelang Idul Fitri,” kata Fadli.

Baca Juga :  Peradilan Sesat! Refly Minta Dua Terdakwa Kasus Novel Dibebaskan

Diketahui, Habib Bahar Bin Smith menempati Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, setelah dipindahkan dari Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Habib Bahar ditempatkan dalam satu kamar sendiri tanpa ada napi lainnya karena beresiko tinggi.

“Kalau di Lapas Batu ‘one man one cell (satu orang satu sel, red.)’, karena ‘high risk’. Jadi sendirian (dalam satu kamar),” kata Kepala Lapas Kelas I Batu Erwedi Supriyatno

Ia mengatakan proses pemindahan Habib Bahar hingga penerimaan di Lapas Batu telah berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Baca Juga :  Himpunan Ulama Dayah Aceh Kota Langsa Desak Pemerintah Cabut Aplikasi "Kitab Suci Aceh"

Bahkan, kata dia, pihaknya juga melaksanakan SOP yang berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Pemindahan tersebut dilakukan setelah simpatisan pendukung Habib Bahar Bin Smith melakukan gangguan keamanan dan ketertiban saat menggeruduk Lapas Kelas IIA Gunung Sindur.

“Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar Bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Kelas I Batu Nusakambangan,” ujar Kepala Bagian Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Apriyanti dalam keterangan di Jakarta, Rabu (20/5).

Share :

Baca Juga

Hukrim

Bupati Aceh Tengah Diancam Bunuh Wakilnya, Pengamat : Mereka Tak Malu Ditonton Warganya

Hukrim

KIBAR Aceh : Permainan Billyard di Malam Ramadhan Penghinaan Bagi Ummat Islam

Hukrim

BPBD Langsa Kerahkan Rubber Boat Cari Jasad Cari Rg, Bocah Diduga Dibunuh

Hukrim

Dugaan Mark Up Tanah Kapa Langsa Diserahkan ke Kejati Aceh

Hukrim

Ketua Dewan Pers : Legalisasi “Law As a Tool of Crime” di Penangkapan Wilson Lalengke

Hukrim

Polda Aceh Sita Hasil Dugaan Korupsi PT KAI Di Aceh Timur

Hukrim

Alumni MUQ Himbau Pihak yang Bertikai Untuk Menahan Diri

Hukrim

Tok! Hakim Vonis Bebas Anggota DPRK Aceh Timur