Home Gaya Hidup Gambar Shalat Jokowi Salah Kiblat, Roy Suryo Ikut-ikutan Menganalisa

Gambar Shalat Jokowi Salah Kiblat, Roy Suryo Ikut-ikutan Menganalisa

AtjehUpdate.com,- Gambar salat yang diunggah Presiden Jokowi ramai dibahas netizen, pasalnya banyak netizen yang menganggap itu salah kiblat.

Hal ini bermula ketika Presiden Jokowi mengunggah gambar sketsa kartun orang sedang salat. Dalam keterangan di kartun itu, Jokowi meminta agar masyarakat tak boleh lengah dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap mencuci tangan, menjaga jarak, termasuk menghindari keramaian.

“Kunci keberhasilan pengendalian penyebaran Covid-19 adalah kedisiplinan kita. Disiplin untuk mencuci tangan, menjaga jarak, mengenakan masker dan menghindari keramaian,” tulisnya.

Tetapi bukan pesan Jokowi yang disoroti publik, justru banyak yang fokus pada unggahan orang salat salah kiblat.

Dalam gambar itu, nampak seseorang tengah salat. Tetapi beberapa netizen menyorot gambar Jokowi, kalau arah salatnya dinilai salah kiblat.

“Kiblat wae bingung opo maneh langkah penanganan pandemi,” kata akun @projotamansaru.

“Mendingan gambar orang salat ini diganti saja min. Digambar ini seperti ada orang lagi salat ashar tapi sepertinya arah salatnya tidak tepat menghadap kiblat ini,” ungkap @ndrewwolf.

“Maaf pak apakah gambar ini melihat di jam dinding maksudnya adalah waktu salat ashar? Kalo salat ashar dan berlokasi di Indonesia maka melihat jatuhnya bayangan dari jendela itu artinya orang salat dalam gambar teresbut menghadap selatan,” jelas @Jo_suhary.

“Bapak jangan dengarkan kata haters. Salat pak Jokowi mah bebas ke mana aja enggak harus ke kiblat. Yang penting konten tayang,” tulis @Hrtoyosujadmiko.

Roy Suryo: Ada yang Aneh
Usai ramai dibahas warganet, pakar telematika yang juga mantan Politisi Demokrat Roy Suryo ikut-ikutan memberi analisa.

Kata Roy Suryo, dia mengeluarkan analisa setelah diminta sejumlah followers-nya. Kata mantan Menpora itu, dia mengakui memang ada yang aneh pada gambar salat yang diunggah Jokowi, dan disebut-sebut salah kiblat.

“Viral Komentar mengenai kartun atau ilustrasi yang ada di akun resmi Pak Jokowi ini dan saya diminta ikut analisa,” kata Roy dikutip dari cuitannya di Twitter, Rabu 20 Mei 2020.

Menurut analisa Roy Suryo, pertama, kalau salat dhuha, artinya sinar dari Timur, dan menghadap ke Utara.

“Kedua, kalau salat Ashar, sinar dari Barat, hadap ke Selatan. Atau kemungkinannya bisa saja ini tetap menghadap kiblat ke Kabah di Makkah, namun ketiga, salat Isya atau Tahajud atau Subuh, namun ‘cahaya yang masuk’ itu bukan matahari, melainkan lampu penerangan yang sangat kuat dari luar,” kata dia.

Sedangkan analisa keempat, bisa saja gambar yang dianggap salah kiblat dan diunggah Jokowi itu menggambarkan salat Dhuha atau Ashar, tetapi orang yang di gambar itu bukan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Rokok Ilegal Beredar Bebas Di Aceh

AtjehUpdate.com,- Kuala Simpang | LSM Gadjah Puteh menelusuri peredaran rokok illegal asal luar negeri yang diselundupkan melalui perairan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Untuk membuktikan...

PPWI Buka Posko Pengaduan Korban UKW Dewan Pers

AtjehUpdate.com,- Jakarta | Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) sejak awal mendorong pelaksnaan uji sertifikasi jurnalis (wartawan) melalui lembaga resmi yang dibentuk Pemerintah Republik Indonesia...

Dihajar Badai Bertubi-tubi, Dewan Pers Makin Aneh dan Linglung

AtjehUpdate.com,- Jakarta | Sorotan publik terhadap perilaku aneh ‘akibat kurang kerjaan’ Dewan Pers (DP) terkait polemik kewenangan uji kompetensi antara DP versus BNSP dan...

Satu Kepala OPD Di Langsa Positif Narkoba Jenis Ganja

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Berdasarkan hasil tes urine yang dilakukan oleh BNN Kota Langsa terhadap 42 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Langsa, ditemukan satu...

Recent Comments