Home Hukrim Dua Pria Diduga Rentenir Berkedok Koperasi Diamankan DSI Langsa

Dua Pria Diduga Rentenir Berkedok Koperasi Diamankan DSI Langsa

AtjehUpdate.com,- LANGSA, Polisi Wilayatul Hisbah (WH) Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Langsa, Selasa (23/6/2020) sekira pukul 12.00 Wib mengamankan dua orang pria diduga menjalankan praktek rentenir berkedok Koperasi.

“Benar, keduanya kita amankan di Gampong Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa Lama” kata Kepala Dinas Syariat Islam Kota Langsa Drs.H. Aji Asmanuddin, MA melalui Danton Wilayatul Hisbah, Hery pada AtjehUpdate.com.

Kedua pria tersebut berinisial MS (37) pria, Warga Desa BP Nauli Kecamatan Siantar Marihat, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, RN (33) pria, Warga Kampung Teulaga Meuku Dua, Kecamatan Banda Mulia, Aceh Tamiang.

Di hadapan petugas WH, keduanya menerangkan tentang mekanisme bisnis kredit uang yang dilakoni. Adapun besarnya pinjaman yang diberikan kepada nasabah atau warga yang membutuhkan uang, maksimal sebesar Rp. 5.000.000.

Mekanisme pembayarannya kepada petugas WH mereka mengatakan hal itu tergantung kesepakatan dengan nasabah.

Sedangkan untuk kredit/pinjaman Rp. 1.000.000 teknis pembayarannya Rp.40.000/hari berlangsung selama 30 hari.

Selain itu untuk mendapat pinjaman kredit tersebut warga peminjam juga harus memenuhi sejumlah syarat. Seperti menyerahkan fhoto copy KTP, Buku Nikah dan Kartu Keluarga (KK). Sementara itu KTP asli juga diserahkan kepada petugas lapangan Koperasi.

“Dari keterangan mereka mengakui sebagai petugas Koperasi Riau Mandiri Jaya (RMJ) yang beralamat di Gampong Meurandeh Kecamatan Langsa Lama,” kata Hery.

Danton WH ini juga menjelaskan, masih dari keterangan kedua pria diduga rentenir itu kepada petugas, Koperasi tempat mereka bekerja memiliki sebanyak 157 nasabah yang tersebar di Kabupaten Aceh Tamiang dan Kota Langsa. Dengan jumlah pinjaman yang variatif.

Untuk Kota Langsa, jumlah nasabah/peminjam sebanyak 40 orang. Sedangkan Kuala Simpang 37 0rang. Sementara itu Sungai Yu sebanyak 40 orang dan Kecamatan Pulau Tiga sebanyak 40 orang.

“Saat ini keduanya sedang dilakukan konfrontir dan meminta sejumlah keterangan oleh petugas WH” kata Hery.

Pihak Wilayatul Hisbah Dinas Syariat Islam dalam hal ini juga melakukan koordinasi dengan pihak Polres Langsa.

“Kita berkoordinasi dengan pihak Polres Langsa terkait hal ini” ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan (Koperindag) Kota Langsa Drs.Zulhadisyah.S melalui Kabid Koperasi, Nazarianty yang dihubungi media mengatakan, Koperasi Riau Mandiri Jaya (RMJ) tidak terdaftar di Dinas Koperindag Kota Langsa.

“Setelah kita periksa, Koperasi itu tidak terdaftar di Koperindag Langsa” kata Kabid Koperasi Dinas Koperindag Kota Langsa, Nazarianty. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Diduga Rekayasa Kasus, JPU Budi Atmoko Dilaporkan ke Komisi Kejaksaan

AtjehUpdate.com,- Jakarta | Kelompok warga masyarakat yang tergabung dalam Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) melayangkan laporan pengaduan masyarakat ke lembaga Komisi Kejaksaan Republik Indonesia,...

Proyek Irigasi Di Langsa Asal Jadi

AtjehUpdate.com,- Langsa | Proyek pembangunan jaringan irigasi yang baru dikerjakan Tahun 2020 lalu di Gampong Buket Meutuah bernomor kontrak 07/SP/DAK/PG-PUPR//XIII/2020 terkesan asal jadi. Informasi yang...

Komisi III DPRK Langsa dan Dinas Terkait Datangi Peternakan Ayam Potong

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Menindaklanjuti laporan warga terkait peternakan ayam potong yang selama ini meresahkan dan mencemari lingkungan, tim dari Komisi III DPRK Langsa beserta...

DKPP RI Pecat Anggota KIP Aceh Timur

AtjehUpdate.com,- Jakarta | Anggota KIP Aceh Timur atas nama Zainal Abidin dinyatakan terbukti bersalah melanggar Kode Etik Penyelenggara Pemilu bersama sejumlah anggota KIP Aceh...

Recent Comments