Home / Islam

Kamis, 23 Juli 2020 - 22:31 WIB

Peresmian dan Shalat Jumat Perdana Besok, Presiden Erdogan Undang Paus Fransiskus ke Hagia Sophia

AtjehUpdate.com,- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengundang Pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus ke Hagia Sophia.

Erdogan akan meresmikan masjid Hagia Sophia pada Jumat, 24 Juli 2020 besok, sembari memberikan doa atas pandemi virus corona.

Diketahui, bakal ada hampir 1.500-an orang yang bakal menghadiri doa Muslim pertama, termasuk para pemimpin dunia dari Azerbaijan dan Qatar.

Baca Juga :  Bukan ke Presiden Jokowi, Keturunan Sultan Aceh Malah Minta Bantuan Erdogan

Sementara itu, Paus Fransiskus sempat menyatakan kekecewaannya dan kesedihannya atas diubahnya Hagia Sophia menjadi masjid.

Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou bahkan meminta Paus untuk menggunakan pengaruhnya untuk menolak pengubahan status Hagia Sophia.

Katerina menyebut jika keputusan Erdogan telah merusak fondasi toleransi dan memperdalam kerekatan antara budaya dan agama.

Meski begiut, Birokrat Turki mengatakan bahwa masjid Hagia Sophia terbuka untuk umum, bagi orang-orang beriman, tidak beragama, dan dari agama apapun.

Baca Juga :  Bahas Karikatur Nabi Muhammad Di Kelasnya, Guru Sejarah di Perancis Dipenggal

“Kami membuat beberapa pengaturan untuk memastikan bahwa selama sholat Muslim, mosaik-mosaik akan ditutup tetapi tidak tersentuh.

“Poin utama di sini adalah tidak ada kerusakan pada mosaik, penggambaran, tekstur sejarah, dan arsitektur bangunan ini,” kata Juru Bicara Kepresidenan, Ibrahim Turki.(*)

Share :

Baca Juga

Islam

Ungkap Ciri Fisik Nabi Muhammad SAW, Quraish Shihab : Tak Ada yang Seindah dan Secantik Beliau

Islam

Pintu Masjidil Haram Ditabrak Mobil Hingga Terbelah

Islam

Bahas Karikatur Nabi Muhammad Di Kelasnya, Guru Sejarah di Perancis Dipenggal

Islam

Mendapat Hidayah, Ustadz Awwaluz Zikri Bimbing Rian Bersyahadat