Home Islam Peresmian dan Shalat Jumat Perdana Besok, Presiden Erdogan Undang Paus Fransiskus ke...

Peresmian dan Shalat Jumat Perdana Besok, Presiden Erdogan Undang Paus Fransiskus ke Hagia Sophia

AtjehUpdate.com,- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengundang Pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus ke Hagia Sophia.

Erdogan akan meresmikan masjid Hagia Sophia pada Jumat, 24 Juli 2020 besok, sembari memberikan doa atas pandemi virus corona.

Diketahui, bakal ada hampir 1.500-an orang yang bakal menghadiri doa Muslim pertama, termasuk para pemimpin dunia dari Azerbaijan dan Qatar.

Sementara itu, Paus Fransiskus sempat menyatakan kekecewaannya dan kesedihannya atas diubahnya Hagia Sophia menjadi masjid.

Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou bahkan meminta Paus untuk menggunakan pengaruhnya untuk menolak pengubahan status Hagia Sophia.

Katerina menyebut jika keputusan Erdogan telah merusak fondasi toleransi dan memperdalam kerekatan antara budaya dan agama.

Meski begiut, Birokrat Turki mengatakan bahwa masjid Hagia Sophia terbuka untuk umum, bagi orang-orang beriman, tidak beragama, dan dari agama apapun.

“Kami membuat beberapa pengaturan untuk memastikan bahwa selama sholat Muslim, mosaik-mosaik akan ditutup tetapi tidak tersentuh.

“Poin utama di sini adalah tidak ada kerusakan pada mosaik, penggambaran, tekstur sejarah, dan arsitektur bangunan ini,” kata Juru Bicara Kepresidenan, Ibrahim Turki.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Nazaruddin Bebas Murni, Ingin Fokus Kejar Akhirat dan Bangun Pesantren

AtjehUpdate.com,- Senyum semringah terpancar dari wajah eks Bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin. Ia resmi bebas murni pada Kamis (13/8) setelah selesai menjalani masa...

Klarifikasi Ketua DPRK Aceh Tamiang Abaikan Fakta Yang Ada  

AtjehUpdate.com,- Kualasimpang, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gadjah Puteh menilai klarifikasi Ketua DPRK Aceh Tamiang ngawur. Pasalnya dalam klarifikasinya pada kegiatan tersebut, sudah dikoordinasikan oleh...

Sidang Kriminalisasi Wartawan Digelar, Kebohongan Kapolsek Kalideres Semakin Terkuak

AtjehUpdate.com,- Jakarta, Persidangan 4 jurnalis BidikFakta.Com atas nama AW, BW, RH, dan AR telah memasuki kali kedua, Selasa, 11 Agustus 2020. Pada persidangan yang...

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Babinsa Koramil 09/Trumon Bantu Petani Panen Cabe

AtjehUpdate.com,- Aceh Selatan, Peran serta TNI AD dalam hal ini dilaksanakan oleh Babinsa sangatlah penting melalui Upaya Khusus (Upsus) Pendampingan Pertanian dalam rangka mewujudnya...

Recent Comments