Home / Nasional

Selasa, 18 Agustus 2020 - 10:25 WIB

Peringati HUT RI ke 75, BI Cetak 75 Juta Lembar Uang Pecahan Baru Rp75 Ribu

AtjehUpdate.com,- Jakarta, Bertepatan dengan perungatan HUT RI ke 75, Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang kertas pecahan Rp75 ribu, Senin (17/8).
.
“Sebagai wujud syukur dalam perayaan RI, pemerintah, dalam hal ini Menteri Keuangan dan BI mengeluarkan uang kemerdekaan 75 tahun kemerdekaan RI,” ucap Gubernur BI Perry Warjiyo lewat video conference bertajuk Peluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI.

Dikatakan Perry, bahwa peluncuran uang kertas pecahan Rp75 ribu ini menandai pembangunan RI selama 75 tahun sejak kemerdekaan dan akan dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Baca Juga :  Temui Perwakilan Buruh, Bamsoet Harap RUU Cipta Kerja Dapat Menjadi Solusi Antara Buruh dan Pengusaha

Wajah proklamator kemerdekaan Soekarno dan Mohammad Hatta dipilih sebagai gambar dari pecahan uang tersebut dengan latar momen bersejarah pengibaran bendera merah putih pada 1945 silam.

Selain itu, MRT juga dipilih sebagai ikon pembangunan Indonesia sejak kemerdekaan. Sementara di halaman belakang, dipilih gambar sembilan anak Indonesia yang berpakaian adat mewakili provinsi-provinsi yang ada di Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan bahwa peresmian uang pecahan Rp75 ribu ini bukan untuk menambah likuiditas pemerintah, melainkan murni memperingati HUT RI ke-75.
.
“Pengeluaran uang pada 75 tahun Ri ini bukan-lah pencetakan uang baru yang ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat, bukan juga sebagai biaya tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan dan pelaksanaan ekonomi,” jelasnya.

Baca Juga :  Gegara Nikahkan Putri Habib Rizieq, Kepala KUA Tanah Abang Dicopot

Meski di tengah pandemi Covid-19 ini, Sri mengatakan, pemerintah tetap optimistis dalam membangun masa depan RI. Rupiah, sebagai mata uang nasional, harus tetap dijunjung tinggi dan menjadi simbol kedaulatan negara.(cnn)

Share :

Baca Juga

Aceh

Ucapkan Kata ‘Piting’ Untuk Warga Rempang, Panglima TNI Minta Maaf

Nasional

BNSP dan LSP Pers Indonesia Bergerak, Dewan Pers Kalap

Nasional

Jika Revisi UU Desa Tidak Dilakukan, Fachrul Razi dan 8 Organisasi Desa Akan Kembali Kepung Gedung DPR/MPR RI

Nasional

BNSP Sertifikasi Assesor Kompetensi Khusus Wartawan, Wilson Lalengke: Goodbye Dewan Pers

Nasional

Dihajar Badai Bertubi-tubi, Dewan Pers Makin Aneh dan Linglung

Nasional

Gegara Nikahkan Putri Habib Rizieq, Kepala KUA Tanah Abang Dicopot

Nasional

Tak Akan Minta Maaf, Arteria Dahlan : Jangan Ada Sunda Empire di Kejaksaan Agung

Nasional

Habib Bahar Murka Dengar 3 Pegawai Soetta Dipecat : Itu Murid Ngaji