Home / Tokoh

Jumat, 28 Agustus 2020 - 16:09 WIB

Profil Mohammad Hasan, Dari Dandim 0104/Aceh Timur Hingga Jadi Danjen Kopassus

AtjehUpdate.com,- JAKARTA, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjuk Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Mohammad Hasan menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus ( Kopassus) TNI.

Penunjukan itu didasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/666/VIII/2020 tanggal 26 Agustus 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Mutasi Hasan juga diikuti 61 perwira tinggi (Pati) TNI lainnya yang terdiri dari 27 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 13 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 22 Pati jajaran TNI Angkatan Udara.

Mohammad Hasan ditunjuk sebagai Danjen Kopassus dengan menggantikan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa yang kini dipercaya mengemban jabatan sebagai Pangdam XVIII/Kasuari Papua Barat.

Baca Juga :  Nama Baik Paspampres Tercoreng, Ketua Komite I DPD RI Minta Panglima TNI Pecat Pelaku Penganiayaan Warga Aceh di Jakarta

Sebelum diangkat menjadi Danjen Kopassus, ia terlebih dulu menjabat sebagai Wakil Danjen Kopassus.

Pengangkatan Hasan tersebut dapat dibilang sangat ideal. Mengingat, pria kelahiran Bandung, 13 Maret 1971 itu memiliki segudang pengalaman di dalam belantika pasukan elite tertua Tanah Air tersebut.

Jebolan Akademi Militer (Akmil) 1993 itu tercatat pernah menjadi Komandan Unit Grup 1/Para Komando Kopassus hingga Kasi intel Grup 1/Para Kopassus. Ia juga pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0104/Aceh Timur pada 2011 hingga 2013.

Karir Hasan perlahan merangkak naik. Hal itu terbukti dengan dipercayainya sebagai Wakil Komandan Grup 2/Sandi Yudha Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura pada 2013 hingga 2014.

Baca Juga :  Datangi Mapolres Langsa, Sejumlah Organisasi Keluarga Besar TNI Desak Polisi Tahan Pemilik Akun FB Usman Udin

Suami Rahmalia tersebut juga pernah mengemban Komandan Grup A Paspampres pada 2014 hingga 2016 dan diteruskan menjadi Komandan Korem 061/Surya Kencana pada 2018-2019.

Selama menjalani penugasan militer, ia pernah terjun dalam Operasi Timor Timur pada 1995, Operasi Irian Jaya pada 1999, hingga Operasi Memangkas pada 2019.

Di luar pergulatannya sebagai pasukan TNI, ia tercatat mempunyai karya buku berjudul “Catatan 02”. Karya tersebut ditulisnya saat menjabat sebagai Wakil Komandan Grup 2/Sandi Yudha Kopassus.

Share :

Baca Juga

Tokoh

Jakob Oetama Tutup Usia

Tokoh

Viral, Super Hero Dunia Hormat Ke Rangga

Tokoh

“Jebakan Maut” Dibalik Kedermawanan China Hutangi Negara Lain

Tokoh

Ir. Said Mahdum Madjid Resmi Jabat Sekda Kota Langsa

Tokoh

Nazaruddin Bebas Murni, Ingin Fokus Kejar Akhirat dan Bangun Pesantren

Tokoh

Said Mahdum Akan Dilantik Sebagai Sekda Kota Langsa Gantikan Syahrul Thaib

Tokoh

Jenazah George Floyd Disemayamkan di Peti Mati Emas

Tokoh

Perempuan Asal Aceh Raih Penghargaan Indonesia The Best Innovative Figures Award 2020