Home / Hukum

Jumat, 25 September 2020 - 14:17 WIB

Hasil LHP Inspektorat Dilimpahkan Ke Polres Langsa,  Dugaan Kuat Pj. Gechik Gelapkan Ratusan Juta Dana Desa

AtjehUpdate.com,- Aceh Timur, Setelah hampir satu tahun pelimpahan berkas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dugaan KKN dana ADD Gampong Alue Gadeng Dua yang dilakukan oleh (NM) mantan Pj. Gechik oleh Inspektorat Aceh Timur pada 11 September 2019 kepada penyidik Tipikor Polres Langsa, namun hingga saat ini status yang bersangkutan masih sebatas Terlapor.

Kondisi itu dianggap terlalu berlarut dan sperti tanpa ada kepastian hukum bagi pelaku tindak pidana korupsi, terlebih hal itu telah dibuktikan dengan hasil LHP Inspektorat.

Baca Juga :  Legislatif dan Eksekutif Sepakati 11 Rancangan Qanun Aceh Tamiang Tahun 2022

Hal ini ditanggapi serius oleh lembaga pemerhati sosial DPW Lsm Gadjah Puteh, Aceh Timur melalui ketua nya Faisal, Jumat (25/9/2020), lewat pers rilisnya yang disampaikan kepada awak media.

Menurutnya kondisi ini sangat berlarut larut yang menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum. Tidak jelas apa yang melatarbelakangi lamban nya proses penyidikan tersebut. “Padahal secara bukti dan kesalahan yang dilakukan pelaku sudah sangat autentik sesuai lhp yang ada untuk dapat segera ditingkatkan status nya dari terlapor menjadi tersangka,” ungkap Faisal.

Baca Juga :  Gadjah Puteh Minta Polres Usut Dugaan Penyelewengan Di Kuala Parek

Untuk itu, pihaknya mendorong aparat hukum agar lebih cepat memproses perkara tersebut, hal itu dinilai penting untuk menepis kecurigaan dan prasangka negatif dari masyarakat, jangan lantas dikira penegak hukum sedang main mata atau tidak serius menjerat pelaku korupsi uang negara.

“Karena tenggat waktu satu tahun itu terbilang sudah sangat lama, terlebih dugaan korupsi yang dilakukan juga bukan dalam jumlah yang sedikit. Karena perbuatan NW berakibat pada terganggunya roda pemerintahan gampong,” tukasnya.(red)

Share :

Baca Juga

Hukum

Kerugian Capai 31 Miliar, 18 Nasabah Seret Asuransi Jiwasraya bersama 6 Lembaga Lainnya ke PN Jakarta Pusat

Hukum

Tak Terima Divonis 30 Bulan Penjara, Cut Lem Akan Ajukan Banding

Hukum

Sambangi Penyidik Polres Langsa, Kuasa Hukum Korban Pembunuhan Tak Dapatkan Jawaban Memuaskan

Hukum

Jika Tak Ada Aturan yang Dilanggar, Desa Boleh Ikut BIMTEK

Hukum

Demokrat : Bukti yang Diberikan Moeldoko di Pengadilan Tidak Nyambung!

Hukum

Wartawan Papua Barat Zainal La Adala Dianiaya Oknum Polisi di KM Labobar

Hukum

Tak Terima Dicopot, Mantan Geuchik Gugat Walikota Langsa

Hukum

Polisi Diminta Usut Pengancam Wartawan