Home Opini Jangan Menyerah Menyintai Negerimu

Jangan Menyerah Menyintai Negerimu

Oleh: Syaefudin Simon, Kolumnis Freelance

AtjehUpdate.com,- Bekasi |Saat krisis ekonomi, di Jepang buruh demo menuntut penurunan gaji. Ini karena sense of belonging buruh terhadap perusahaan tinggi sekali. Mereka tak ingin perusahaannya bangkrut.

Mereka setia kepada perusahaan tempat kerjanya. Mereka berusaha membesarkan perusahaan bersama-sama. Perusahaan pun peduli terhadap buruh. Buruh adalah aset perusahaan yang selalu diperhatikan kesejahteraannya.

Orang Jepang punya peribahasa: Hidup itu hakikatnya “makan” makanan di tempat yang sama. Makna dari peribahasa ini: Kita harus memperkuat rasa saling memiliki pada suatu komunitas atau grup dengan “makan” makanan yang sama. Ini mengacu pada situasi ketika orang-orang hidup bersama dan tinggal di satu atap yang sama.

Dalam skala mikro buruh dan tempat kerjanya berada dalam kondisi itu. Dalam skala makro, kita hidup dalam tanah air dan udara yang sama. Dalam skala makro kosmos — manusia hidup di jagad universe yang sama.

Kenapa kondisi tersebut terjadi di negeri Sakura? Jawabnya: Nasionalisme yang subur, terpupuk, dan cinta tanah air. Pada tataran lebih tinggi, Zen Budhisme — mazhab agama yang mempengaruhi orang Jepang — menyatakan, jika kau menyayangi alam, maka alam pun menyayangimu.

Jangan menyerah menyintai negerimu. Jangan menyerah mencintai alam kehidupanmu — meski “anda duduk di atas batu selama tiga tahun” — kata peribahasa Jepang. Peribahasa ini maknanya: Meskipun Anda mengalami masa-masa sulit, duduk di atas batu selama tiga tahun, pasti suatu saat akan berubah dan menjadi lebih baik.

Sekali lagi, jangan menyerah untuk menyintai negerimu. Rasulullah menyatakan, hubbul wathon minal iman. Menyintai negeri adalah sebagian dari iman.

Bagaimana bentuk menyintai negeri? Tidak merusaknya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang Milad GAM, KMPA Aceh Timur Minta Masyarakat Tak Mudah Terprovokasi

AtjehUpdate.com,- Aceh Timur | Komite Mahasisawa dan Pemuda Aceh (KMPA) Aceh Timur, meminta masyarakat agar tidak terpancing dengan isu dan provokasi oleh kelompok manapun...

Tahun Depan BSI Akan Tutup Lebih dari 60 Kantor Cabang Seluruh Indonesia

AtjehUpdate.com,- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyatakan akan terus melanjutkan proses penataan kantor cabang di seluruh Indonesia. Sejumlah kantor cabang pun akan ditutup. Direktur...

USK Bongkar Paksa 8 Rumah Dinas Dosen

AtjehUpdate.com,- Banda Aceh | Delapan rumah dinas dosen Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh dibongkar paksa. Barang-barang penghuni rumah diangkut keluar dan dinding dirusak. Penertiban rumah...

Jelang Piala Soeratin 2021, PSBL Langsa Persiapkan Pemain Muda

AtjehUpdate.com,- LANGSA | PSBL Langsa yang berjuluk Elang Biru, disampimg lagi giat-giatnya melakukan persiapan tim untuk Liga 3 PSSI tahun 2021/2022, juga melakukan telling...

Recent Comments