Home / Hukum

Senin, 9 November 2020 - 14:51 WIB

Aparat Hukum Diminta Usut Kematian Anak Bawah Umur Di Danau “Angker” RTH Langsa

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Pelaksana proyek danau buatan di hutan kota Langsa yang telah merenggut nyawa anak dibawah umur tidak boleh didiamkan begitu saja, “apapun yang dilakukan hingga mengakibatkan kematian tetap harus diusut dan publik harus tau itu, supaya ke depan pelaku usaha atau pelaksana sebuah proyek harus berhati hati jangan sampai jatuh korban,”.

Hal itu ditegaskan oleh Muslim A Gani, SH, praktisi hukum dan Direktur Acheh Legal Consul, melalui rilis yang dikirimkan ke media, Senin (09/11/2020).

Tambahnya, tahun yang lalu pun ada kejadian di sekitar kawasan tersebut meskipun tidak mengambil korban . “Kami selalu berharap di kota kecil ini hukum itu harus tegak, pelaksana proyek yang lalai dalam pekerjaannya harus diusut dan diproses hukum, ini memberi pelajaran bagi pelaku usaha lain agar lebih berhati hati, jangan hanya mengambil keuntungan saja, tak boleh begitu,” .

Baca Juga :  Jelang Piala Soeratin 2021, PSBL Langsa Persiapkan Pemain Muda

Aparat penegak hukum diminta untuk terus mem follow up kasus itu, karena itu perbuatan pidana yang harus dapat dipertanggungjawabkan oleh pelaku usaha / pelaksana karena kelalaiannya, dipastikan dapat diancam dengan
Pasal 359 KUHP: yang bunyinya “Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun.”

Baca Juga :  Terduga Koruptor Leha-leha di Senayan, Apa Khabar KPK?

“Hukumnya sudah ada tinggal lagi sejauhmana penegakan hukum di daerah ini , ya kita lihat saja,” ucapnya .

Lebih lanjut Muslim merincikan, bahwa sejauh ini penegak hukum bisa menggunakan pasal alternatif dengan ancaman pasal 359 KUHPdan Pasal 188 KUHP Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP sehingga bukan saja pelaksana tapi orang yang menyerahkan tanggungjawabnya juga dapat dihukum, demikian Muslim. (Her)

Share :

Baca Juga

Hukum

Hasil LHP Inspektorat Dilimpahkan Ke Polres Langsa,  Dugaan Kuat Pj. Gechik Gelapkan Ratusan Juta Dana Desa

Hukum

Ratusan Massa Aksi Akan Tuntut Kepala Inspektorat dan DPMG Aceh Timur Dicopot

Hukum

Anggota DPRK Aceh Timur Minta Inspektorat Segera Audit Desa Kuala Parek

Hukum

BNN Kota Langsa Gelar Workshop dengan Insan Pers

Hukum

Dewan Pers Indonesia : Legalitas Wartawan Sah Lewat Organisasi Pers

Hukum

PN Langsa Eksekusi Seluruh Asset Selama Ini Dikuasai YDBUL untuk YDBU

Hukum

Jika Tak Ada Aturan yang Dilanggar, Desa Boleh Ikut BIMTEK

Hukum

Gadjah Puteh Minta Polres Usut Dugaan Penyelewengan Di Kuala Parek