Home Aceh Keluarga Korban Tenggelam Bantah Pernyataan Kepala Puskesmas Sungai Raya

Keluarga Korban Tenggelam Bantah Pernyataan Kepala Puskesmas Sungai Raya

Laporan : Faisal US

AtjehUpdate.com,- Aceh Timur| Pernyataan kepala puskesmas Sungai Raya, Zulfikar, S.KM, terkait penanganan dua bocah yang masih siswa SD di Aceh Timur yang tenggelam dan meninggal dunia akibat mandi di kolam ikan bersama temannya, pada Minggu (03/1/2021), mendapat bantahan keras dari keluarga korban.

Sebelumnya, pernyataan kepala puskesmas di salah satu media online yang menyatakan bahwa oksigen tersedia dan keluarga membawa dengan mobil pribadi.Keluarga buru buru hendak merujuk ke Langsa dan pihaknya tidak bisa melarang, demikian di kutip di media itu.

Bantahan tersebut disampaikan oleh NS Akbar, S.Kep, paman korban. Menurutnya, pada saat korban dibawa ke puskesmas Sungai Raya oleh keluarga dan Gechik Gampong Krueng Lingka, korban sempat diberikan pertolongan dengan memasukkan selang oksigen ke hidung korban, namun diketahui tabung oksigen dalam keadaan kosong, Senin (04/01/2021).

Lantas petugas puskesmas dan beberapa warga coba mencari tabung oksigen lain yang ada pada mobil ambulan milik puskesmas itu, namun tidak ditemukan oksigen tersebut.

Pertolongan sementara terus diberikan oleh warga sambil menunggu beberapa saat hingga diambil keputusan untuk merujuk korban ke rsud Langsa.

Ketika hendak merujuk ke rsud Langsa dengan menggunakan ambulan puskesmas, namun sopir ambulan tersebut tidak berada di tempat, hingga akhirnya warga dan keluarga korban mengambil keputusan untuk membawa korban ke rsud Langsa dengan menggunakan mobil pribadi dengan didampingi oleh petugas puskesmas dan tanpa bantuan oksigen.

Dikatakannya lagi, bahwa pernyataan kepala Puskesmas tersebut adalah sepihak dan sebagai upaya pembelaan diri tanpa didasari bukti dan kronologi saat kejadian.

Untuk itu pihaknya berharap agar kasus ini ditanggapi secara serius oleh pihak yang berwenang agar masyarakat tidak menjadi korban dari tidak disiplinnya petugas medis, dan terulang lagi di masa akan datang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Dugaan Maling Volume Pekerjaan Jalan Nodai WTP ke 8 Walikota Langsa

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Presidium Aliansi Aktivis Merdeka (Alaska), Abdi Maulana, memberi apresiasi kepada Walikota Langsa dalam prestasinya meraih penghargaan WTP ke 8 berturut-turut dari...

Fraksi Demokrat Ajak Publik Soroti Bukti dan Saksi KLB Ilegal di Pengadilan TUN

AtjehUpdate.com,- JAKARTA | Sidang gugatan Moeldoko ke Menkumham RI atas ditolaknya pengesahan KLB Deli Serdang, memasuki Tahap Pembuktian. Sidang perkara No. 150/G/2021/PTUN-JKT yang diketuai...

Bupati Aceh Timur Dampingi Kapolres Ziarahi Makam Sayed Abu Bakar di Idi Rayeuk

AtjehUpdate.com,- Aceh Timur | Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin HM Thaib SH, mendampingi Kapolres Aceh Timur, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K, melakukan...

Makin Mesra Dengan Eksekutif, Fungsi Kontrol Dewan Aceh Tamiang Tergadaikan

Oleh : Yandri AtjehUpdate.com,- | Seperti kehilangan arah dan makin tak jelas fungsi sebagai wakilnya rakyat, dewan perwakilan rakyat Aceh Tamiang justru terlihat makin mesra...

Recent Comments