Home / Aceh

Jumat, 13 Agustus 2021 - 14:48 WIB

Muslim, SHI, MM : Bantuan Alsintan Jangan Dianggap Milik Ketua Kelompok

AtjehUpdate.com,- Karang Baru | Bantuan alat pertanian (Alsintan) yang disalurkan pemerintah untuk kepentingan para anggota kelompok tani dan masyarakat petani yang berada sekitar kelompok tani.
“Jangan beranggapan bantuan pemerintah itu menjadi milik Ketua kelompok tani, tetapi harus ada yang mengelolanya,” tegas Anggota DPR RI Muslim SHI, MM dalam sambutannya saat penyerahan alat pertanian untuk sejumlah kelompok tani dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, di halaman belakang kantor Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang, Jum’at (13/08/21).

Muslim mengingatkan, bantuan alsintan yang disalurkan untuk kelompok tani harus dikelola dan dirawat dengan baik. Hal ini penting agar alsintannya bisa bertahan lama serta manfaatnya dapat dirasakan oleh para anggota kelompok tani maupun masyarakat tani lainnya.

“Alsintan yang disalurkan pada tahun ini saya melihat kualitasnya bagus, karena sebelumnya telah kami sampaikan kepada instansi terkait agar bantuan diberikan sesuai dengan kondisi alam, terutama di Aceh,” ungkap Muslim seraya mengatakan, hal itu sesuai informasi berkembang sebelumnya ada bantuan yang disalurkan tidak dapat di manfaatkan secara maksimal karena kurang sesuai dengan kondisi alamnya.

Baca Juga :  Pimpinan DPK Aceh Tamiang Terima Kunjungan Tim Sosialisasi UUPA

Namun demikian, Muslim menitip harapan kepada kelompok tani agar benar-benar memanfaatkan bantuan saran dan prasarana pertanian yang sudah disalurkan pemerintah. “Bantuan alsintan yang dibagikan ini juga tidak terlepas peran serta dari Kadistanbunnak Aceh Tamiang yang membangun komunikasi secara kontinyu untuk memperoleh alsintan bagi petani daerah ini,” pungkas Muslim.

Sementara itu, Yunus, SP pada kesempatan itu menyebutkan, adapun bantuan alat pertanian yang disalurkan untuk kelompok tani yaitu 9 unit handtarktor, 1 unit traktor roda empat, 2 unit cultivator, 2 mesin pompa air serta beberapa unit handsparyer.

Baca Juga :  KPU Keluarkan SK Penetapan Lima Komisioner KIP Langsa

“Di masa pandemik Covid-19 ini hanya sektor pertanian yang masih bertahan, tetapi harus juga didukung dengan alat pertanian yang dirasakan masih sangat dibutuhkan petani Kabupaten Aceh Tamiang,” terang Yunus sembari mengharapkan kepada Anggota DPR RI, Muslim SHI, MM kedepannya bisa menyalurkan lebih banyak lagi bantuan alsintannya.

Kadistanbunnak Aceh Tamiang, Yunus sangat mengharapkan kepada para ketua kelompok tani yang menerima bantuan alsintan tersebut agar dipergunakan sebaik-baik mungkin sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh semua anggota kelompok, “Bila ada kelompok yang tidak mengelola secara baik, termasuk perawatannya, maka bantuan alsintan ini bisa dialihkan untuk kelompok tani lainnya yang membutuhkan,” pungkas Yunus.(red)

Share :

Baca Juga

Aceh

Para Agen Resah, Oknum Pegawai BSI Dituding Terlibat Salurkan Sembako BPNT

Aceh

Undangan Verifikasi oleh Komisi Pengawas Perpajakan Kemenkeu, Gadjah Puteh Ungkap Kejanggalan Permintaan Yang Tidak Masuk Akal

Aceh

LSM Gadjah Puteh Gelar Diskusi Publik “Langsa Perspektif”

Aceh

Akhirnya Jasad Rangga Ditemukan Mengapung di Sungai 

Aceh

Forum Konservasi Penyu Aceh Deklarasi Aksi di Pulo Aceh

Aceh

Oknum Kontraktor Berperilaku Sombong, UAS Betawi: Orang Sombong Cepat Dikubur

Aceh

Kota Lhokseumawe Tuan Rumah Sarasehan UMKM 2023

Aceh

Pasar Murah Langsa Diwarnai Aksi Borong Sembako Warga Bermobil Mewah