Home / Edukasi

Minggu, 3 Oktober 2021 - 10:53 WIB

DPR Kolaborasi Dengan Kementrian Pertanian Adakan BIMTEK

AtjehUpdate.com,- Aceh Tamiang | Muslim, SHI. MM anggota DPR RI Komisi IV dari Partai Demokrat menjalankan fungsinya berkolaborasi dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi Penyuluh dan Petani, kegiatan dilaksanakan di Hotel Grand Arya Karang Baru, Sabtu (02/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian M. Yunus, SP yang diwakili oleh Irwan Hadi, Kepala Bidang Produksi Pertanian, menyampaikan, diharapkan kepada para peserta untuk dapat mengambil ilmu yang diberikan, semoga nantinya bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari,”ucapnya singkat.

Selanjutnya Dr. Rahman Jaya dari Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPPT) Aceh, mengatakan, kegiatan Bimtek ini penting untuk meningkatkan produksi pertanian,”jelasnya.

“Meningkatkan produksi pertanian, salah satunya dengan adanya irigasi tehnis yaitu perlunya air untuk persawahan.

Baca Juga :  Rabithah Alawiyyah Aceh Timur Raya Gelar Seminar Nasab

“Saat ini ada sekitar 213.000 hektare sawah dan setiap tahun nya kita kehilangan sekitar 100.000 hektare, diantaranya karena alih fungsi lahan pertanian,”ungkap Rahman.

Kesempatan yang sama, H. Syaiful Sofian,SE Ketua komisi dua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Tamiang dari Partai Demokrat mengatakan, kami mengharapkan acara seperti ini bisa dilaksanakan sebulan sekali untuk para Petani mendapatkan penyuluhan tentang kegiatan tani,”jelasnya.

“Legislatif Aceh Tamiang akan terus memperjuangkan Pemulihan Ekonomi Daerah (PED)sebagai bagian dari implementasi Pemulihan Ekonomi Nasional PEN) dan bidang pertanian diupayakan menjadi prioritas.

“Selain sarana irigasi, juga diperlukan alat-alat Pertanian sebagai penunjang untuk peningkatan produksi hasil pertanian,” tegas Syaiful.

Baca Juga :  Pengacara Auzir Fahlevi: Jika Tidak Ada Tendensi, Kasus APDESI VS LSM dan Pers Bisa Diselesaikan Secara Qanun Aceh

Kesempatan selanjutnya Muslim, SHI. MM melalui Zoom Meeting menyampaikan, jajar legowo (Jarwo) saat ini menjadi program unggulan, yang mampu menghasilkan 10 ton padi per hektare per musim tanam dan telah terjadi penambahan sebanyak empat ton per hektare dari model penanam saat ini,”terangnya.

“Semoga dengan kegiatan BIMTEK ini nantinya dapat diterapkan dalam kegiatan Pertanian kesehariannya,” tegas Muslim.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian materi BIMTEK oleh Firdaus, SP. M.Si dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPPT) Aceh. Zulkifli, S. Hut Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang. Irwan Hadi,SP Kepala Bidang Produksi Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang.(bambang)

Share :

Baca Juga

Edukasi

Melalui Kemnterian KKP, DPR RI Gelar Bimtek dan Pelatihan Budidaya Udang Vanname

Edukasi

Ternyata Ini Alasan Semut Selalu Berhenti Setiap Bertemu Semut Lainnya

Edukasi

BIMTEK Bagi Perangkat Gampong dan Pengurus BUMG Bermanfaat

Edukasi

Keluarga Besar SMA 3 Langsa Gelar Bukber dan Santuni Anak Yatim

Edukasi

Sudah Saatnya Aceh Timur Segera Miliki Qanun KTR

Edukasi

LPPTKA – BKPRMI Kota Langsa Sukses Bawa TPA Kota Langsa ke Peringkat 7 Di Ajang FASI Provinsi Aceh⁣ ⁣

Edukasi

Cintanya Sayyidah Khadijah kepada Rasulullah Tak Hanya Sweet, Tapi Juga Heroik

Edukasi

BKPSDM Aceh Timur Luncurkan Aplikasi Trans4+, Apa Saja Fungsi Layanan ini?