Home Edukasi DPR Kolaborasi Dengan Kementrian Pertanian Adakan BIMTEK

DPR Kolaborasi Dengan Kementrian Pertanian Adakan BIMTEK

AtjehUpdate.com,- Aceh Tamiang | Muslim, SHI. MM anggota DPR RI Komisi IV dari Partai Demokrat menjalankan fungsinya berkolaborasi dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi Penyuluh dan Petani, kegiatan dilaksanakan di Hotel Grand Arya Karang Baru, Sabtu (02/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian M. Yunus, SP yang diwakili oleh Irwan Hadi, Kepala Bidang Produksi Pertanian, menyampaikan, diharapkan kepada para peserta untuk dapat mengambil ilmu yang diberikan, semoga nantinya bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari,”ucapnya singkat.

Selanjutnya Dr. Rahman Jaya dari Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPPT) Aceh, mengatakan, kegiatan Bimtek ini penting untuk meningkatkan produksi pertanian,”jelasnya.

“Meningkatkan produksi pertanian, salah satunya dengan adanya irigasi tehnis yaitu perlunya air untuk persawahan.

“Saat ini ada sekitar 213.000 hektare sawah dan setiap tahun nya kita kehilangan sekitar 100.000 hektare, diantaranya karena alih fungsi lahan pertanian,”ungkap Rahman.

Kesempatan yang sama, H. Syaiful Sofian,SE Ketua komisi dua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Tamiang dari Partai Demokrat mengatakan, kami mengharapkan acara seperti ini bisa dilaksanakan sebulan sekali untuk para Petani mendapatkan penyuluhan tentang kegiatan tani,”jelasnya.

“Legislatif Aceh Tamiang akan terus memperjuangkan Pemulihan Ekonomi Daerah (PED)sebagai bagian dari implementasi Pemulihan Ekonomi Nasional PEN) dan bidang pertanian diupayakan menjadi prioritas.

“Selain sarana irigasi, juga diperlukan alat-alat Pertanian sebagai penunjang untuk peningkatan produksi hasil pertanian,” tegas Syaiful.

Kesempatan selanjutnya Muslim, SHI. MM melalui Zoom Meeting menyampaikan, jajar legowo (Jarwo) saat ini menjadi program unggulan, yang mampu menghasilkan 10 ton padi per hektare per musim tanam dan telah terjadi penambahan sebanyak empat ton per hektare dari model penanam saat ini,”terangnya.

“Semoga dengan kegiatan BIMTEK ini nantinya dapat diterapkan dalam kegiatan Pertanian kesehariannya,” tegas Muslim.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian materi BIMTEK oleh Firdaus, SP. M.Si dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPPT) Aceh. Zulkifli, S. Hut Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang. Irwan Hadi,SP Kepala Bidang Produksi Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang.(bambang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang Milad GAM, KMPA Aceh Timur Minta Masyarakat Tak Mudah Terprovokasi

AtjehUpdate.com,- Aceh Timur | Komite Mahasisawa dan Pemuda Aceh (KMPA) Aceh Timur, meminta masyarakat agar tidak terpancing dengan isu dan provokasi oleh kelompok manapun...

Tahun Depan BSI Akan Tutup Lebih dari 60 Kantor Cabang Seluruh Indonesia

AtjehUpdate.com,- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyatakan akan terus melanjutkan proses penataan kantor cabang di seluruh Indonesia. Sejumlah kantor cabang pun akan ditutup. Direktur...

USK Bongkar Paksa 8 Rumah Dinas Dosen

AtjehUpdate.com,- Banda Aceh | Delapan rumah dinas dosen Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh dibongkar paksa. Barang-barang penghuni rumah diangkut keluar dan dinding dirusak. Penertiban rumah...

Jelang Piala Soeratin 2021, PSBL Langsa Persiapkan Pemain Muda

AtjehUpdate.com,- LANGSA | PSBL Langsa yang berjuluk Elang Biru, disampimg lagi giat-giatnya melakukan persiapan tim untuk Liga 3 PSSI tahun 2021/2022, juga melakukan telling...

Recent Comments