Home / Aceh

Senin, 18 Oktober 2021 - 14:42 WIB

Alat Berat Milik Pemko Langsa Terbenam Di Tambak Aceh Timur

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Satu unit Excavator (Beko) yang merupakan aset Pemerintah Kota Langsa terdampar dan terbengkalai dalam lumpur tambak milik warga, di kawasan pesisir Desa Banyeun Keude, Kecamatan Birem Bayeun, Kab. Aceh timur.

Informasi yang dihimpun media, Minggu (17/10) sore, dari sejumlah warga setempat mengatakan, “Beko tersebut menurut kabar milik Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Langsa, dan sudah beberapa bulan disitu membuka tambak pribadi salah seorang warga.”

Dikatakan lagi, konsisi beko tersebut saat ini tenggelam ke dalam lumpur dan belum bisa dikeluarkan, terlebih saat air pasang menenggelamkan seluruh badan beko itu. Sebelumya beko tersebut juga pernah bolak balik mengerjakan lahan warga disini.

Baca Juga :  KPH Wil III Terima Bantuan 1 Unit Mobil Double Cabin dari Pemprov Aceh

“Namun, ini baru nahasnya, tengelam didalam lumpur tambak. Kami sejumlah warga disini tidak mengunakan beko itu untuk memperbaiki lahan tambak, karena informasinya dengan sistem kontrak. Namun kami, menyewa beko lain secara swadaya.”

Keberadaan beko tersebut juga bermasalah dengan sejumlah warga disini, sebelumnya mereka yang di lapangan berjanji warga disini untuk menjaganya secara bergantian. Terakhir warga juga tidak tau siapa yang menjaga alat berat yang sudah terbenam dan terbengkalai sudah beberapa bulan tersebut, ujar warga.

Kepala Dinas Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Banta Ahmad SStPi ketika dikonfirmasi AtjehUpdate.com via selluler, Senin (18/10), membenarkan alat berat (Excavator) tersebut milik Dinas Pertanian Pemerintah Kota Langsa.

Baca Juga :  Jelang Milad GAM, KMPA Aceh Timur Minta Masyarakat Tak Mudah Terprovokasi

Dikatakan Banta, pengerjaan rehab tambak itu bukan di Birem Bayeun, lokasi di surat tanah masuk Gampong Alur Dua perbatasan, ada suratnya di Kantor. Pemiliknya merupakan warga Kota Langsa, sesuai dengan surat ada pada pihaknya.

Sambungnya lagi, alat berat beko tersebut kemarin baru kecelakaan, saat ini kami lagi mencari beko lain untuk sorong, dan jikapun digunakan diluar wilayah kota Langsa itu tidak masalah asal itu untuk tambak masyarakat, jelas Banta. (Sukma MT)

Share :

Baca Juga

Aceh

Oknum Pejabat Garap Hutan Negara, Ketua Komisi III DPRK Langsa : Itu Pelanggaran Hukum

Aceh

7 Kandidat Geuchik Matang Seulimeng Ambil Nomor Urut

Aceh

DPC IDzRA Aceh Timur Raya Gelar Raker Perdana

Aceh

PPWI Langsa : Komunikasi Humas Pemko Langsa dengan Wartawan Buruk

Aceh

Tim KPH Wil III Aceh Tangkap Truck Bermuatan 6 Ton Getah Pinus Ilegal

Aceh

Paska Diberitakan, Komisi I DPRK Sidak Sejumlah Paket Proyek Disdikbud Kota Langsa

Aceh

Lahannya Dicaplok PTPN I Langsa, Warga Alu Rimung Surati BPN Aceh

Aceh

Saprizal, Dinilai oleh Banyak Kalangan Sosok yang Paling Layak Jadi Geuchik PB Seulemak 6 Tahun Kedepan