Home / Edukasi

Jumat, 29 Oktober 2021 - 22:10 WIB

Rabithah Alawiyyah Aceh Timur Raya Gelar Seminar Nasab

Narasumber Maktab Daimi Jakarta

AtjehUpdate.com,- Sungai Raya | Daurah Bidang Nasab atau disebut juga Seminar Nasab yang di inisiasi oleh DPC Rabithah Alawiyah Aceh Timur Raya, dan difasilitasi oleh DPC IDzRA Aceh Timur Raya, serta didukung oleh ALBATRA Aceh Timur Raya, telah digelar pada Jum’at (29/10/21), yang bertempat di Aula kantor Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur.

Lembaga-lembaga Dzurriyah Rasulullah yang ada di Aceh Timur Raya yang meliputi Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang, sangat mendukung dan terus menggalakkan acara seperti ini, agar para keturunan Rasulullah dapat lebih memahami sejarah, tata cara penelusuran silsilah dan nasab.

Kegiatan ini dirasakan sangat penting karena banyaknya para keturunan Rasulullah SAW yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama di Aceh yang merupakan pintu masuk sebelum menyebar ke seluruh Nusantara terutama dalam menyebar dakwah, yang pada akhirnya berkembang dalam berbagai kabilah yang sebagian besar berasal dari Hadramaut Yaman.

Baca Juga :  Anggota Bapera Langsa Ikuti Jambore Bela Negara di Jakarta

Ketua DPC Rabithah Alawiyah Aceh Timur Raya, Sayid Abdurrahman Assegaf, menyatakan kegiatan ini merupakan suatu forum diskusi tentang bagaimana pemahaman dan sekaligus membahas tata cara penelusuran silsilah para dzurriat atau keturunan Rasulullah SAW.

Sehingga dari hasil seminar ini diharapkan para Dzurriat Rasulullah yang ada di Aceh dapat memiliki pemahaman yang jelas tentang asal usul keturunan Rasulullah serta tata cara penelusuran nasab, sehingga setiap kabilah dari keturunan Rasulullah dapat mengajukan buku nasab yang diterbitkan oleh Maktab Daimi sebagai Badan Otonom dari DPP Rabithah Alawiyah Jakarta, yang bertugas mencatat dan memverifikasi, serta melakukan pengesahan setiap nasab keturunan Rasulullah, khususnya di Indonesia, jelas Sayid.

Baca Juga :  DPC IDzRA Aceh Timur Raya Gelar Raker Perdana

Helatan Daurah Nasab dihadiri oleh Ketua DPC IDzRA Aceh Timur Raya Sayyed Zahirsyah Almahdali, Wakil Ketua ALBATRA Sayyed Abbas Almahdali, juga lebih kurang 50 orang Sayyed/Syarifah, yang merupakan keterwakilan dari tiga kabupaten/kota, yaitu Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang merupakan ahli Nasab dari Maktab Daimi Jakarta, Habib Qhureys bin Husen Shahab, yang berasal dari Palembang.

Sebelum memberi materi di seminar, rombongan Habib Qhureys juga menziarahi makam Habib Agil Shihab, yang merupakan raja Sungai Raya pada jaman pemerintahan Sultan Iskandar Muda.(Hasyim)

Share :

Baca Juga

Edukasi

Ikuti Diklat Kementerian ESDM, 14 Pemuda Kota Langsa Dikirim ke Sawah Lunto – Sumbar

Edukasi

Dekan FKIP Lantik Pengurus Alumni FKIP Unsam

Edukasi

DPR Kolaborasi Dengan Kementrian Pertanian Adakan BIMTEK

Edukasi

Akademi Sepak Bola Elang Biru Teken MOU Dengan Prodi Jasmani FKIP Unsam

Edukasi

Keluarga Murid yang Dikurung dan PAUD Al Faiz Berdamai

Edukasi

BNN Kota Langsa Gelar Rapat Kerja Dengan Lingkungan pendidikan

Edukasi

Muazzinah Yacob Terpilih Sebagai Direktur The Aceh Institute Periode 2022-2025

Edukasi

Persoalan Rokok, Sisi Kemaslahatan dan  Ekonomi