Home Edukasi Rabithah Alawiyyah Aceh Timur Raya Gelar Seminar Nasab

Rabithah Alawiyyah Aceh Timur Raya Gelar Seminar Nasab

Narasumber Maktab Daimi Jakarta

AtjehUpdate.com,- Sungai Raya | Daurah Bidang Nasab atau disebut juga Seminar Nasab yang di inisiasi oleh DPC Rabithah Alawiyah Aceh Timur Raya, dan difasilitasi oleh DPC IDzRA Aceh Timur Raya, serta didukung oleh ALBATRA Aceh Timur Raya, telah digelar pada Jum’at (29/10/21), yang bertempat di Aula kantor Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur.

Lembaga-lembaga Dzurriyah Rasulullah yang ada di Aceh Timur Raya yang meliputi Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang, sangat mendukung dan terus menggalakkan acara seperti ini, agar para keturunan Rasulullah dapat lebih memahami sejarah, tata cara penelusuran silsilah dan nasab.

Kegiatan ini dirasakan sangat penting karena banyaknya para keturunan Rasulullah SAW yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama di Aceh yang merupakan pintu masuk sebelum menyebar ke seluruh Nusantara terutama dalam menyebar dakwah, yang pada akhirnya berkembang dalam berbagai kabilah yang sebagian besar berasal dari Hadramaut Yaman.

Ketua DPC Rabithah Alawiyah Aceh Timur Raya, Sayid Abdurrahman Assegaf, menyatakan kegiatan ini merupakan suatu forum diskusi tentang bagaimana pemahaman dan sekaligus membahas tata cara penelusuran silsilah para dzurriat atau keturunan Rasulullah SAW.

Sehingga dari hasil seminar ini diharapkan para Dzurriat Rasulullah yang ada di Aceh dapat memiliki pemahaman yang jelas tentang asal usul keturunan Rasulullah serta tata cara penelusuran nasab, sehingga setiap kabilah dari keturunan Rasulullah dapat mengajukan buku nasab yang diterbitkan oleh Maktab Daimi sebagai Badan Otonom dari DPP Rabithah Alawiyah Jakarta, yang bertugas mencatat dan memverifikasi, serta melakukan pengesahan setiap nasab keturunan Rasulullah, khususnya di Indonesia, jelas Sayid.

Helatan Daurah Nasab dihadiri oleh Ketua DPC IDzRA Aceh Timur Raya Sayyed Zahirsyah Almahdali, Wakil Ketua ALBATRA Sayyed Abbas Almahdali, juga lebih kurang 50 orang Sayyed/Syarifah, yang merupakan keterwakilan dari tiga kabupaten/kota, yaitu Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang merupakan ahli Nasab dari Maktab Daimi Jakarta, Habib Qhureys bin Husen Shahab, yang berasal dari Palembang.

Sebelum memberi materi di seminar, rombongan Habib Qhureys juga menziarahi makam Habib Agil Shihab, yang merupakan raja Sungai Raya pada jaman pemerintahan Sultan Iskandar Muda.(Hasyim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang Milad GAM, KMPA Aceh Timur Minta Masyarakat Tak Mudah Terprovokasi

AtjehUpdate.com,- Aceh Timur | Komite Mahasisawa dan Pemuda Aceh (KMPA) Aceh Timur, meminta masyarakat agar tidak terpancing dengan isu dan provokasi oleh kelompok manapun...

Tahun Depan BSI Akan Tutup Lebih dari 60 Kantor Cabang Seluruh Indonesia

AtjehUpdate.com,- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyatakan akan terus melanjutkan proses penataan kantor cabang di seluruh Indonesia. Sejumlah kantor cabang pun akan ditutup. Direktur...

USK Bongkar Paksa 8 Rumah Dinas Dosen

AtjehUpdate.com,- Banda Aceh | Delapan rumah dinas dosen Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh dibongkar paksa. Barang-barang penghuni rumah diangkut keluar dan dinding dirusak. Penertiban rumah...

Jelang Piala Soeratin 2021, PSBL Langsa Persiapkan Pemain Muda

AtjehUpdate.com,- LANGSA | PSBL Langsa yang berjuluk Elang Biru, disampimg lagi giat-giatnya melakukan persiapan tim untuk Liga 3 PSSI tahun 2021/2022, juga melakukan telling...

Recent Comments