Home / Polisi

Kamis, 12 Mei 2022 - 23:36 WIB

Polisi Cek Deteksi Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak di Langsa

AtjehUpdate.com,- Langsa | Kanit II Sat Reskrim Aipda Syah Mohd Hendra Rosi, SH, bersama Brigadir Ilham Maulana,SE, melakukan deteksi dini terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mewabah pada ternak sapi.

Polres Langsa turut melakukan pengecekan pada hewan ternak di Kota Langsa, Rabu (11/5/2022)

Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro,SH,SIK,MH melalui Kanit II Sat Reskrim Aipda Syah Mohd Hendra Rosi,SH, mengatakan kita sudah melakukan pengecekan langsung ke lapangan bersama Tim Balai Veteriner didampingi pihak Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Langsa.

Ikut mendampingi langsung Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Langsa, Banta Ahmad, S.St.Pi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ali Mustafa, SE, Kabid Peternakan, Drh. Elga, dan lainnya

Baca Juga :  Rumah Perzinahan dan Jaringan Prostitusi Online di Langsa Dibongkar Polisi

Lanjut Aipda Rosi, Saat Ini Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Langsa bersama dengan satgas Pangan Kota Langsa.

Kita juga telah melakukan langkah-langkah pencegahan dengan cara memberi himbauan kepada masyarakat yang memiliki ternak khususnya sapi dan Kerbau agar tidak panik dan untuk sementara tidak melapas liarkan hewan ternaknya.

Ketua Tim Pengambilan Sampel dari Balai Veteriner Medan, Drh. Sara, mengatakan, pihaknya turun ke Kota Langsa setelah adanya laporan dari pihak dinas terkait adanya kelainan pada sejumlah sapi milik warga di daerah ini.

Sampel yang diambil khusus pada sapi-sapi yang mengalami kelainan pada mulut maupun kuku, yaitu kroping bekas lukanya, air liurnya, serum, dan darah pada sapi tersebut.

Baca Juga :  Hasil LHP Inspektorat Dilimpahkan Ke Polres Langsa,  Dugaan Kuat Pj. Gechik Gelapkan Ratusan Juta Dana Desa

Hasil uji sampel sapi tersebut akan diketahui berapa waktu ke depannya, setelah nanti selesai dilakukan uji laboratirum di Balai Veteriner Medan.

“Hasil uji sampel sapi ini kita belum bisa memastikan berapa hari akan diketahui, karena saat ini ada berapa sampel sapi diuji lab berapa daerah lainnya baik di Sumut dan Aceh,” sebutnya.

Pihak Balai Veteriner belum bisa memastikan penyakit apa diderita pada sapi ini, karena harus dilakukan uji laboratorium dari sampel yang telah diambil.

“Kita tidak bisa mengatakan sekarang apakah sapi itu terjangkit PMK atau penyakit lainnya, nanti setelah uji lab baru bisa diketahui,” jelas Drh. Sara.(red)

Share :

Baca Juga

Polisi

Pak Kapolri, Ada Oknum Penyidik Nyambi Jadi Pemalak di Bareskrim Polri

Polisi

Pak Kapolri, Ini Hasil Pemalakan oleh Oknum Penyidik Bareskrim AKBP Binsan Simorangkir

Polisi

Kapolres Langsa Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

Polisi

Viral! Polisi Smackdown Mahasiswa

Polisi

Dukung Program PPWI Peduli, Kapolres Pulang Pisau Raih Piagam Penghargaan PPWI Nasional

Polisi

Hasil Sidang PK Etik, Polri Pecat AKBP Brotoseno

Polisi

Kapolda Aceh Ziarah Ke Makam Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Atas

Polisi

Sidang Kriminalisasi Wartawan Digelar, Kebohongan Kapolsek Kalideres Semakin Terkuak