Home / Edukasi

Minggu, 29 Mei 2022 - 19:52 WIB

Ikuti Diklat Kementerian ESDM, 14 Pemuda Kota Langsa Dikirim ke Sawah Lunto – Sumbar

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Sebanyak 14  orang pemuda dari kota Langsa dikirim oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Langsa melalui Bidang Ketenagakerjaan untuk mengikuti diklat operator pengeboran eksplorasi yang digelar oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Minggu (29/05/2022).

Diklat ini dilaksanakan Kementerian ESDM melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral, Balai Pendidikan dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah, Sumatera Barat, yang akan berlangsung sejak tanggal 30 Mei – 10 Juni 2022.

Ke 14 peserta diklat pengeboran dan pelatihan itu dilepas secara resmi oleh Kepala DPMPTSP Kota Langsa Ir. Abdul Qayum didampingi Kepala Bidang Ketenagakerjaan Eddy Mukhti. SE. M.AP, di Kantor DPMPTSP setempat.

Dan selanjutnya ke 14 pemuda peserta diklat ini menuju Bandara International Kualanamu, Deli Serdang Sumut, dan akan berangkat dengan pesawat ke Padang, Sumbar.

Dalam amanatnya, Kepala DPMPTSP Kota Langsa Ir. Abdul Qayum berpesan kepada peserta diklat agar benar-benar serius dan fokus mengikuti diklat operator pengeboran eksplorasi yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI kali ini. Juga meminta kepada mereka menjaga nama baik Kota Langsa serta menjaga kekompakan dan gunakan waktu belajar di diklat itu dengan sunguh-sungguh.

Baca Juga :  Diduga Curang, Musorkot KONI Langsa Diminta Hentikan

Ia juga mengingatkan, karena sertifikat diklat tersebut nantinya sangat berguna sebagai syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. “Saya juga berpesan agar menjaga shalat 5 waktu dan upayakan untuk dilaksanakan berjamaah, semoga kegiatan diberkahi oleh Allah SWT,” pintanya.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Naker DPMPTSP Kota Langsa, Eddy Mukhti, SE, M.AP, menyampaikan, 14 orang peserta diklat dari Kota Langsa ini bersusia 17 – 25 tahun.

Pada diklat dan pelatihan itu nantinya mereka akan diberikan keahlian dalam teori dan praktek serta mengoperasikan alat pengeboran pertambangan. Untuk teori di kelas 30 persen dan praktek di lapangan 70 persen, sedangkan kegiatan berlangsung selama 12 hari sejak tanggal 30 Mei – 10 Juni 2022 di Sawah Lunto, Padang, Sumbar.

Baca Juga :  PPWI dan Masjid Istiqlal Jajaki Kerjasama Pelatihan Jurnalisme Warga

Dikatakan Edy, setelah menyelesaikan diklat ini mereka akan mendapatkan sertifikat, dimana sertifikat itu sebagai nilai plus dan sebagai syarat untuk melamar di perusahaan pertambangan di seluruh Indonesia.

Angkatan Perdana

“Diklat ini merupakan angkatan perdana yang diikuti untuk Provinsi Aceh, dan Alhamdulillah kita dari Kota Langsa mendapat kesempatan pertama tersebut,”.

Berikut nama-nama ke 14 peserta yang dikirim oleh DPMPTSP Kota Langsa :

Aqmal Naufal, Bintang Ihza Mukhti, Edi Riansyah, Eggi Nurul Iman, Firyal Syarik Akram, Firza Purnama Siddiq, Fitrah Alqadri Marwan, Furqan Nur Ihsan, M. Irfan.S, Muhammad Alfirdaus Amru, Muhammad Arief, Muhammad Ichsan Ariyuda, Yuan Ansari, dan Ranadhan Aditya Wibowo.(red)

Share :

Baca Juga

Edukasi

PJID NUSANTARA Aceh Dan Sumatera Gelar PRA-UKW

Edukasi

BIMTEK Bagi Perangkat Gampong dan Pengurus BUMG Bermanfaat

Edukasi

PPWI dan Masjid Istiqlal Jajaki Kerjasama Pelatihan Jurnalisme Warga

Edukasi

“Forest Camp Restoration” Kampung Pengidam Aceh Tamiang

Edukasi

Sudah Saatnya Aceh Timur Segera Miliki Qanun KTR

Edukasi

Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Secara Resmi Membuka Kegiatan BIMTEK Bagi Perangkat Gampong dan BUMG Se- Aceh Timur

Edukasi

Menjalin Kerja yang Lebih Sinergis untuk Advokasi KTR Aceh Timur

Edukasi

Keluarga Murid yang Dikurung dan PAUD Al Faiz Berdamai