Home / Edukasi

Minggu, 12 Juni 2022 - 21:30 WIB

Isu Nasionalisme Dalam Kepemimpinan Birokrasi

AtjehUpdate.com,- Nasionalisme cukup sering didengar saat ini, apa sebenarnya arti dan maksud dari nasionalisme itu?. Nasionalisme adalah sikap atau semangat yang harus dimiliki setiap warga negara dalam mencintai tanah airnya.

Kelangsungan bangsa dan Negara sangat tergantung pada pengelolaan yang dilakukan oleh pemerintahan yang dalam hal ini dapat disebut birokrasi. Birokrasi adalah kata yang berasal dari bureaucracy (bahasa inggris bureau + cracy), yang artinya adalah suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, di mana lebih banyak orang berada di tingkat bawah daripada tingkat atas. Kaitannya dengan Negara, bahwa birokrasi memastikan pengelolaan Negara dilakukan dalam pencapaian tujuan terbentuknya Negara itu.

Hal ini dibahas dalam sebuah kesempatan diskusi yang dilakukan oleh Kelompok IV Peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan 1 Tahun 2022 di Pusat Pelatihan dan Pengembangan KHAN LAN RI di Aceh Besar, Rabu (8/06/2022).

Baca Juga :  BNN Kota Langsa Gelar Rapat Kerja Dengan Lingkungan pendidikan

Birokrasi di Indonesia identik dengan profesi pegawai ASN, yang menduduki jabatan dengan sejumlah kewenangan. ASN pada hakikatnya merupakan individu-individu yang memiliki fungsi sebagai perekat bangsa. Nilai-nilai nasionalisme ASN secara nyata dapat dilihat dari perilaku cinta tanah air, rela berkorban, menjaga ketertiban, mengutamakan kepentingan publik dan gotong royong.

Saat ini erosi nilai-nilai nasionalisme sudah mulai tergerus di kalangan birokrasi. Berbagai upaya telah dilakukan antara lain melalui reformasi birokrasi berupa penyederhaan dan penyempurnaan struktur organisasi birokrasi, sumberdaya manusia dan regulasi lain yang terkait. Namun permasalahan di dalam pengelolaan birokrasi masih tetap terjadi. Sebagai contoh masih kurang disiplinnya ASN dalam pelaksanaan tugas, lemahnya kualitas pelayanan yang dilakukan, sampai pada hal-hal yang bersifat koruptif.

Baca Juga :  Sejarah Singkat Anak Cucu Rasulullah ﷺ Di Nusantara

Untuk itu, birokrasi pemerintahan yang diisi oleh para ASN ini masih perlu perbaikan di berbagai sektor, hal ini perlu dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai dasar ASN, kedudukan dan peran ASN dalam NKRI, pengembangan kompetensi teknis bidang tugas sehingga ASN mampu melaksanakan tugas secara professional dalam melayani masyarakat mampu mengaktualisasikan dalam pelaksanaan tugas dan jabatan sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat pemersatu bangsa.

Untuk mewujudkan hal tersebut, beberapa langkah yang perlu diambil bagi stakeholder dalam menyelesaikan masalah nasionalisme dalam birokrasi, antara lain pelatihan dan bimtek mengenai wawasan kebangsaan bagi ASN secara berkala, selain itu dalam pelaksanaan apel pagi perlu diberikan nasihat dan pembinaan, serta pembekalan sejak awal bagi para ASN.(*)

Share :

Baca Juga

Edukasi

Rabithah Alawiyyah Aceh Timur Raya Gelar Seminar Nasab

Edukasi

Cara Ubaid bin Umar Menghindari Zina Ini Bisa Bikin Orang Tobat

Edukasi

Ikuti Diklat Kementerian ESDM, 14 Pemuda Kota Langsa Dikirim ke Sawah Lunto – Sumbar

Edukasi

Muazzinah Yacob Terpilih Sebagai Direktur The Aceh Institute Periode 2022-2025

Edukasi

Strategi Ombudsman dalam Menghadapi Tantangan Lima Tahun ke Depan

Edukasi

Keluarga Besar SMA 3 Langsa Gelar Bukber dan Santuni Anak Yatim

Edukasi

Akademi Sepak Bola Elang Biru Teken MOU Dengan Prodi Jasmani FKIP Unsam

Edukasi

Sambut Mahasiswa Baru, BEM FKIP UNSAM Gelar PKKMB