Home / Hukum

Kamis, 23 Juni 2022 - 18:09 WIB

Keuangan BUMG Gampong Kuala Parek Aceh Timur Bermasalah, Ratusan Juta Tak Jelas Rimbanya

Keuchik Gunakan Uang BUMG

AtjehUpdate.com,- Sungai Raya | Pengelolaan dana Badan Usaha Milik Gampong (BUNG) “Bina Rakyat” Kuala Parek, kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur jadi temuan setelah dilakukan audit oleh Inspektorat.

Didapati pengelolaan dan penggunaan uang pada unit usaha milik gampong itu tak jelas rimbanya karena tidak bisa didukung dengan bukti-bukti yang sah dan tak lengkap sesuai ketentuan.

Parahnya lagi, tercatat bahwa Keuchik gampong tersebut, Syahrial Abdullah turut menggunakan dana BUMG tersebut pada tahun 2018 sejumlah Rp. 14.517.000,- (empat belas juta lima ratus tujuh belas ribu rupiah) dengan dalih pinjaman. Hal itu juga diduga karena pengawas atau supervisor tidak menjalankan kewajibannya dengan baik.

Baca Juga :  Terkait Bimtek Perangkat Desa Ilegal Di Aceh Timur, Koalisi LSM Lapor Ke Mendagri

Dari data yang ada, didapati pertanggungjawaban keuangan BUMG “Bina Rakyat” yang tidak lengkap dan tanpa bukti yang sah sejumlah Rp. 62.096.000,- (enam puluh dua juta sembilan puluh enam ribu rupiah). Belum lagi penasihat atau komisaris (Syahrial Abdullah) BUMG dinilai menyalahi wewenangnya.

Ditambah lagi adanya saldo tunai BUMG tahun 2018 yang berada pada pengurus BUMG sebesar Rp. 14.392.000,- (empat belas juta tiga sembilan puluh dua ribu rupiah). Hal ini semakin diperparah oleh pelaksana operasional atau direksi BUMG yang tidak menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaaan BUMG kepada Bupati dan Camat kecamatan Sungai Raya, kabupaten Aceh Timur.

Baca Juga :  Panitia Dinilai Main Mata, Pilchik Kuala Parek Diminta Ulang

Di tahun 2019 kembali terjadi lagi, dimana tidak jelasnya pertanggungjawaban keuangan BUMG “Bina Rakyat” gampong Kuala Parek sebesar Rp. 61. 968.000,- (enam puluh satu juta sembilan ratus enam puluh delapan ribu rupiah).

Sementara di tahun 2020, juga ditemui penyalahgunaan keuangan BUMG tersebut yang tidak lengkap dan tanpa bukti yang sah sejumlah Rp. 39.811.000,- (tiga puluh sembilan juta delapan ratus sebelas ribu rupiah).

Secara keseluruhan ada sekitar Rp.192.784.000,- ((seratus sembilan puluh dua juta tujuh ratus delapan puluh empat ribu rupiah) uang BUMG “Bina Rakyat” Gampong Kuala Parek yang tidak dapat dipertanggungjawabkan secara sah dengan bukti yang lengkap. (Faisal US)

Share :

Baca Juga

Hukum

Gadjah Puteh Minta Polres Usut Dugaan Penyelewengan Di Kuala Parek

Hukum

YARA Langsa Polisikan Pemilik Akun FB Rais Azhari

Hukum

Cegah Anarkisme Hukum, Demokrat Mentahkan Uji Materiil Yusril dengan Serahkan Bukti ke Kemenkumham

Hukum

Hasil LHP Inspektorat Dilimpahkan Ke Polres Langsa,  Dugaan Kuat Pj. Gechik Gelapkan Ratusan Juta Dana Desa

Hukum

Walikota Langsa Diminta Mediasi Kasus Pelaporan Wartawan

Hukum

Pembunuh Wartawan Terungkap, PPWI Minta Pelaku Terorisme Terhadap Kemerdekaan Pers Dihukum Mati

Hukum

Sambangi Penyidik Polres Langsa, Kuasa Hukum Korban Pembunuhan Tak Dapatkan Jawaban Memuaskan

Hukum

Diduga Terima Suap Izin HGU, KPK Tetapkan Bupati Kuansing Sebagai Tersangka