Home / Hukum

Kamis, 23 Juni 2022 - 18:09 WIB

Keuangan BUMG Gampong Kuala Parek Aceh Timur Bermasalah, Ratusan Juta Tak Jelas Rimbanya

Keuchik Gunakan Uang BUMG

AtjehUpdate.com,- Sungai Raya | Pengelolaan dana Badan Usaha Milik Gampong (BUNG) “Bina Rakyat” Kuala Parek, kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur jadi temuan setelah dilakukan audit oleh Inspektorat.

Didapati pengelolaan dan penggunaan uang pada unit usaha milik gampong itu tak jelas rimbanya karena tidak bisa didukung dengan bukti-bukti yang sah dan tak lengkap sesuai ketentuan.

Parahnya lagi, tercatat bahwa Keuchik gampong tersebut, Syahrial Abdullah turut menggunakan dana BUMG tersebut pada tahun 2018 sejumlah Rp. 14.517.000,- (empat belas juta lima ratus tujuh belas ribu rupiah) dengan dalih pinjaman. Hal itu juga diduga karena pengawas atau supervisor tidak menjalankan kewajibannya dengan baik.

Baca Juga :  Satpol PP Aceh Timur Ingatkan Penerapan Sanksi Tak Pakai Masker, Begini Tanggapan Santri

Dari data yang ada, didapati pertanggungjawaban keuangan BUMG “Bina Rakyat” yang tidak lengkap dan tanpa bukti yang sah sejumlah Rp. 62.096.000,- (enam puluh dua juta sembilan puluh enam ribu rupiah). Belum lagi penasihat atau komisaris (Syahrial Abdullah) BUMG dinilai menyalahi wewenangnya.

Ditambah lagi adanya saldo tunai BUMG tahun 2018 yang berada pada pengurus BUMG sebesar Rp. 14.392.000,- (empat belas juta tiga sembilan puluh dua ribu rupiah). Hal ini semakin diperparah oleh pelaksana operasional atau direksi BUMG yang tidak menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaaan BUMG kepada Bupati dan Camat kecamatan Sungai Raya, kabupaten Aceh Timur.

Baca Juga :  Gadaikan Mobil Milik Orang, Tim Resmob Polres Langsa Amankan Oknum Anggota DPRK Aceh Timur

Di tahun 2019 kembali terjadi lagi, dimana tidak jelasnya pertanggungjawaban keuangan BUMG “Bina Rakyat” gampong Kuala Parek sebesar Rp. 61. 968.000,- (enam puluh satu juta sembilan ratus enam puluh delapan ribu rupiah).

Sementara di tahun 2020, juga ditemui penyalahgunaan keuangan BUMG tersebut yang tidak lengkap dan tanpa bukti yang sah sejumlah Rp. 39.811.000,- (tiga puluh sembilan juta delapan ratus sebelas ribu rupiah).

Secara keseluruhan ada sekitar Rp.192.784.000,- ((seratus sembilan puluh dua juta tujuh ratus delapan puluh empat ribu rupiah) uang BUMG “Bina Rakyat” Gampong Kuala Parek yang tidak dapat dipertanggungjawabkan secara sah dengan bukti yang lengkap. (Faisal US)

Share :

Baca Juga

Hukum

Walikota Disarankan Perintah Inspektorat Periksa Dinas Dikbud Langsa

Hukum

Karena Dituduh Mencuri Seekor Bebek, Ibu Korban: Anak Saya Disiksa Dalam Rumah Hingga Tewas

Hukum

BREAKING NEWS! Hendak Hadiri Pengajian, Seorang Warga Alur Buaya Langsa Dibegal Dua Pria Bersebo

Hukum

Presiden : Ndak Usah Disahkan Pak Moeldoko Meskipun Dia Teman Kita

Hukum

Sidang Lanjutan Dugaan Pencemaran Nama Walikota Langsa, Cut Lem : Jangan Tawarkan Saya Uang “Lendir”

Hukum

Mayat OTK Bersimbah Darah Gemparkan Warga Alur Dua Langsa

Hukum

Hindari Kedoknya Terungkap, Pemilik Kapal Api Tunggangi Mabes Polri untuk Kriminalisasi Wartawan

Hukum

Rokok Ilegal Beredar Bebas Di Aceh