Home / Politik

Sabtu, 23 Juli 2022 - 17:50 WIB

Pengamat Politik Fajran Zain Himbau Aparat Desa Jaga Netralitas Dalam Tahapan Menuju Pemilu 2024

AtjehUpdate.com,- Simeulu | Pengamat politik yang juga sebagai Ketua Badan Riset Aceh Institute (BRAIN), Fajran Zain, menghimbau aparat desa beserta jajarannya untuk tetap menjaga netralitas dalam menghadapi setiap tahapan dan kegiatan menuju Pemilu 2024.

“Kita perlu membahani dan menghimbau aparatur desa termasuk Kaur, Kadus dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar tetap bersikap netral karena secara aturan mereka dilarang terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik,” kata Fajran Zain, dalam kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Bawaslu Simeulue, di Aula Kantor Camat Simeulue Cut, Sabtu (23/07/2022).

Dalam pemaparan lebih lanjut, Fajran menyampaikan bahwa hal ini perlu dilakukan karena aparatur desa karena keawamannya berpotensi melanggar aturan tersebut, meskipun sudah diatur secara jelas dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa maupun UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu .

Baca Juga :  Wow! Gaji Besar Anggota DPR & Ditanggung Negara Seumur Hidup

“Kepala desa akan berada dalam kondisi dilematis bila nanti ada arahan-arahan aneh dari pimpinannya yang notabene melanggar aturan seperti mobilisasi massa dan sebagainya,” katanya.

Oleh karena itu, Fajran berharap aparatur desa untuk tetap istiqamah dalam menjaga netralitasnya dalam menjalankan tupoksinya.

“Karena apabila mereka tetap melanggar maka kerugiannya akan menimpa mereka berupa sanksi administratif hingga sanksi pemberhentian tetap bahkan pidana kurungan serta denda,” jelas Fajran

Baca Juga :  Para Geuchik di Langsa Sudah Dihimbau Agar Tidak Mengusulkan Perangkatnya Terima BST

Fajran juga menghimbau aparatur desa untuk membuat spanduk-spanduk sosialisasi yang isinya mengajak warga untuk juga ikut mengawasi sikap dan aktivitas kepala desanya masing-masing.

Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak Ferry, Camat Kec. Simeulue Cut, dan dilanjutkan dengan Pembukaan oleh Ketua Panwaslih, Bapak Achyar Yulius.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Danramil Kapt. Dadan dan Kapolres Harmansyah, serta Komisioner Bawaslu Rajumin.(red)

Share :

Baca Juga

Politik

KLB Deli Serdang Langgar Aturan dan Mekanisme, Demokrat: Pengadilan Jangan Dipakai untuk Akal-akalan

Politik

Politisi Demokrat Tuding Olly Dondokambey Kader PDIP Pelaku Korupsi Hambalang

Politik

Pendukung Moeldoko Mulai Rontok, Kubu KLB Mencabut Gugatannya

Politik

Amin for 2024 Buka Puasa Bersama Pemuda Kota Langsa

Politik

Calon Geuchik Matang Panyang Ambil Nomor Urut

Politik

Akhyar Dapat Restu Dari Ikatan Keluarga NASUTION Sumut

Politik

Jelang Milad GAM, KMPA Aceh Timur Minta Masyarakat Tak Mudah Terprovokasi

Politik

Wow! Gaji Besar Anggota DPR & Ditanggung Negara Seumur Hidup