Home / Gaya Hidup

Minggu, 24 Juli 2022 - 17:53 WIB

Mubes IKA Unsam Dinilai Tak Mencerminkan Keterwakilan Ribuan Alumni, Wakil Fakultas Teknik Walk Out

AtjehUpdate.com,- Langsa | Alumni Fakultas Teknik Universitas Samudra (Unsam) memilih Walk Out (keluar dari forum) pada Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni Universitas Samudra (IKA-Unsam).

Walk Outnya alumni teknik karena menolak dengan tegas pemilihan Ketua IKA Unsam Periode 2022-2026 pada Mubes tersebut yang berlangsung di Aula 1 Kampus setempat, Sabtu (23/7/2022).

Koordinator Formatur Alumni Fakultas Teknik, Yopi Angga Salcedo, ST, didampingi Islamsyah MTA, ST, Khalid, ST, Basyarudin, ST, Anisa Baity, S.Com, menyebutkan alasan alumni Teknik walk out bahwa menilai pemilihan Ketua IKA Unsam tidak melibatkan mencerminkan keterwakilan belasan ribu alumni Unsam yang ada.

“Karena dalam pemilihan ketua IKA Unsam di Mubes ini hanya memberikan 5 suara dari dari 5 Fakultas, bahkan hanya tersisa 4 suara setelah kami walk out,” ungkapnya.

Yopi menambahkan, pihaknya memilih menolak pemilihan Ketua IKA Unsam ini dikarenakan masih menggunakan gaya lama.

Baca Juga :  Abu Nawas dan Surga Dalam Topi nya

Artinya, meskipun alumni Unsam sudah berjumlah belasan ribu dan merupakan universitas tertua nomor 2 di Aceh, tapi pemilihan seorang ketua alumni Unsam hanya dilakukan oleh 5 suara.

Padahal sepanjang lahirnya perkumpulan alumni Unsam, Mubes IKA Unsam telah dilakukan berapa kali yakni dari awalnya Mubes, Mubeslub, hingga kembali lagi ke Mubes Pertama yang berlangsung hari ini.

“Mubes hari ini, kita merasa sangat tertinggal, sebab di era reformasi dan di era teknologi masih menggunakan pemilihan ketua secara langsung tapi hanya diwakili 5 orang yang merasa mewakili belasan ribu alumni yang ada,” ujarnya.

Seharusnya, pemilihan ketua pada Mubes IKA Unsam ini sudah memakai metode langsung melibatkan semua alumni, artinya semua alumni bisa memberikan hak suara langsung pada pemilihan dan secara online.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Timur Dipeusijuk Di Masjid Ba'alawi Aceh

Anehnya lagi, AD/ART yang menjadi acuan Mubes IKA Unsam ini juga tidak pernah nampak ataupun ada diberikan baik secara soft copy dan hard copy kepada anggota IKA Unsam.

Selain itu, ada ketidakseriusan pada pelaksanaan Mubes ini, karena AD/RT yang sebenarnya sangat penting dalam sebuah organisasi tidak dilakukan pembaharuan, namun masih mengacu AD/RT lama terutama dalam sistem pemilihan ketua.

“Penolakan kita lakukan ini bukan semata kita hendak menggagalkan Mubes, tapi kita ingin Mubes IKA Unsam hari ini benar-benar diketahui oleh seluruh alumni kampus dimana kita dilahirkan sebagai sarjana, sebab IKA Unsam bukan milik orang tertentu, tapi milik seluruh alumni Unsam,” imbuhnya mantan Ketua BEM Teknik Unsam ini.(red)

Share :

Baca Juga

Gaya Hidup

Tak Lazim, Wanita Ini Berbagi Suami dengan Ibu dan Saudara Perempuannya

Gaya Hidup

Media Amerika Tulis Nabi Muhammad SAW Yang Pertama Perkenalkan Lockdown

Gaya Hidup

Waduh! Sukses Jadi Ustad Kondang Ternyata Abdul Somad Pelihara ‘Jin’, Ini Ceritanya

Gaya Hidup

Gambar Shalat Jokowi Salah Kiblat, Roy Suryo Ikut-ikutan Menganalisa

Gaya Hidup

Pemilihan Ketua Ancab PP Pasar Ikan Kota Langsa Sukses

Gaya Hidup

USK Bongkar Paksa 8 Rumah Dinas Dosen

Gaya Hidup

Per 1 September 2022 Pertalite Tetap Rp 7.650/Liter

Gaya Hidup

Paket Super Hemat! PASS KOPI Sediakan Menu Lengkap Berbuka Puasa