Home / Aceh

Jumat, 2 Desember 2022 - 21:35 WIB

Pemko Langsa Tetapkan UMK Rp 3,4 Juta Per Bulan

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Pemko Langsa telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2023, yaitu sebesar 3,4 juta rupiah. Kepastian itu merujuk pada UMP yang ditetapkan oleh Provinsi Aceh.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Langsa, Rusli Jufri, S.Sos,I melalui Kabid Ketenagakerjaan, Edy Mukhti, SE, MAP kepada AtjehUpdate.com, Kamis (1/12/2022).

Dijelaskan Edy, selama ini UMK¬†Kota¬†Langsa belum penah ada penetapan dan terus secara otomatis mengikuti UMP. Salah satu penyebabnya adalah karena Dewan Pengupahan Kota Langsa belum diperbarui. “Selama ini Dewan Pengupahan Kota Langsa telah mati SK nya dan belum ada penetapan Dewan Pengupahan yang baru sampai dengan sekarang”,.

Baca Juga :  YARA Langsa Polisikan Pemilik Akun FB Rais Azhari

Oleh karena Dewan Pengupahan ini adalah satu unsur utama yang mengurusi tentang upah. Karenanya pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam proses penetapan upah tersebut, terang Edy.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, bahwa pihaknya saat ini sedang menyusun pengurus Dewan Pengupahan yang baru agar ke depan setiap UMK bisa disepekati bersama antara pemerintah, pengusaha, pekerja, termasuk akademisi, dan unsur terkait lainnya.

Baca Juga :  MPU Aceh Diminta Bersikap Bijak dengan Fatwa yang Menyejukkan Ummat

Sesuai dengan SK Gubernur Nomor : 560/1539/2022 tanggal 24 November 2022 tentang penetapan Upah Minimum Provinsi Aceh Tahun 2023 yang berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 mendatang. Karenanya setelah ada penetapan ini, maka pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Langsa mengimbau kepada semua pihak pemberi upah agar menaati besaran UMK kepada pekerjanya.(red)

Share :

Baca Juga

Aceh

Tertibkan Caffe Penyedia Billyard, Sapma PP Dukung DSI Langsa

Aceh

Gegara Game Chip Domino, Tiga Pasutri Bercerai Karena Gugatan Istri

Aceh

GeMPAR Aceh: Kekurangan Gaji Perangkat Desa Di Aceh Timur Bisa Disiasati Via Dana Desa

Aceh

Akui Lepas Supir Truk, Bea Cukai Janji Kejar Tersangka Utama Pengedar Rokok Ilegal

Aceh

Tolak Dwi Fungsi TNI/POLRI, ALASKA : Sejarah Orde Baru Tak Boleh Diulang, Kami Trauma!

Aceh

Alat Berat Pemko Langsa Sudah Tenggelam di Tambak Aceh Timur

Aceh

Pengacara Auzir Fahlevi: Jika Tidak Ada Tendensi, Kasus APDESI VS LSM dan Pers Bisa Diselesaikan Secara Qanun Aceh

Aceh

PPWI Langsa : Komunikasi Humas Pemko Langsa dengan Wartawan Buruk