Home / Aceh

Jumat, 2 Desember 2022 - 21:35 WIB

Pemko Langsa Tetapkan UMK Rp 3,4 Juta Per Bulan

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Pemko Langsa telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2023, yaitu sebesar 3,4 juta rupiah. Kepastian itu merujuk pada UMP yang ditetapkan oleh Provinsi Aceh.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Langsa, Rusli Jufri, S.Sos,I melalui Kabid Ketenagakerjaan, Edy Mukhti, SE, MAP kepada AtjehUpdate.com, Kamis (1/12/2022).

Dijelaskan Edy, selama ini UMK¬†Kota¬†Langsa belum penah ada penetapan dan terus secara otomatis mengikuti UMP. Salah satu penyebabnya adalah karena Dewan Pengupahan Kota Langsa belum diperbarui. “Selama ini Dewan Pengupahan Kota Langsa telah mati SK nya dan belum ada penetapan Dewan Pengupahan yang baru sampai dengan sekarang”,.

Baca Juga :  Tak Miliki Izin, Pemko Langsa Akan Tutup Usaha Ternak Ayam di Teupin Bugeng

Oleh karena Dewan Pengupahan ini adalah satu unsur utama yang mengurusi tentang upah. Karenanya pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam proses penetapan upah tersebut, terang Edy.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, bahwa pihaknya saat ini sedang menyusun pengurus Dewan Pengupahan yang baru agar ke depan setiap UMK bisa disepekati bersama antara pemerintah, pengusaha, pekerja, termasuk akademisi, dan unsur terkait lainnya.

Baca Juga :  Persatuan Pewarta Warga Indonesia Kota Langsa Resmi Mendaftar Ke Kesbangpol

Sesuai dengan SK Gubernur Nomor : 560/1539/2022 tanggal 24 November 2022 tentang penetapan Upah Minimum Provinsi Aceh Tahun 2023 yang berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 mendatang. Karenanya setelah ada penetapan ini, maka pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Langsa mengimbau kepada semua pihak pemberi upah agar menaati besaran UMK kepada pekerjanya.(red)

Share :

Baca Juga

Aceh

Habib Bahar Bin Smith Akan Hadir di Kota Langsa

Aceh

Demonstran Tetap Bertahan di DPRK Langsa

Aceh

LSM Gadjah Puteh Gelar Diskusi Publik “Langsa Perspektif”

Aceh

MPU Desak Pemko Langsa Cabut Izin Truffle Box Resto

Aceh

Fajar Aprizal : Pelaku Pengeroyokan Harus Ditangkap

Aceh

Inflasi Aceh Tamiang Tinggi, Pj Bupati Kewalahan Tanpa Konsep Pengendalian yang Matang

Aceh

Sidang Prapid Kedua, Bea Cukai Langsa Kerahkan 17 Kuasa Hukum Hadapi Gadjah Puteh

Aceh

Kota Langsa Kandidat Penerima Paritrana Award Tahun 2022