Home / Aceh

Jumat, 9 Desember 2022 - 11:10 WIB

Nilai Kelulusan CAT Tidak Dipublikasikan, Diduga KIP Aceh Tamiang Curang

AtjehUpdate.com,- Kualasimpang | Diduga sarat permainan, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang tidak publikasikan nilai kelulusan peserta calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Hal ini berbanding terbalik dengan daerah lain di Aceh. Seperti di daerah Aceh Singkil yang nilai kelulusannya dipublikasikan, sedangkan di Aceh Tamiang tidak dipublikasikan. Jadi besar kemungkinan cacat hukum dan perlu diusut dugaan adanya permainan oleh KIP Aceh Tamiang.

“Kita minta pihak polres Aceh Tamiang dan DKPP untuk turun tangan guna pengecekan nilai kelulusan yang tidak dipublikasikan oleh pihak Komisi Independen Pemilihan, jika tidak maka akan ada keributan, karena adanya indikasi kuat KIP akan meluluskan PPK dari hasil rekomendasi para pemangku kebijakan yang ada di jajaran Pemerintah Aceh Tamiang. Dan tentunya sesuai keinginan para komisioner dan sekretariat KIP tidak berdasarkan kompetensi yang murni dari para peserta Calon PPK,” ucap Hendrik yang diamini oleh puluhan peserta lainnya karena sangat kecewa dengan kinerja lembaga pemilihan tersebut, Jum’at (9/12).

Baca Juga :  Jualan Siang Hari Ramadhan, Warung Sop Skengkel "Mbak Mis" Digerebek WH Langsa

“Kami meminta kepada Komisi Independen Pemilihan agar nilai kelulusan panitia pemilihan kecamatan dipublikasikan supaya tidak terjadinya simpang siur, apalagi asas prinsip pemilu itu Mandiri, Jujur, Adil, Berkapasitas Hukum, Tertib, Terbuka, Proporsional, Akuntabel, Efektif dan Efisiensi,” jelasnya lagi dengan nada kecewa.

Baca Juga :  Paska Dicabut, Pelanggan Keluhkan Masih Ada SPBU Belum Mau Layani Kendaraan Tanpa Stiker

Transparansi dan publikasi nilai CAT itu harus dilakukan sesuai dengan pasal 3 UU Pemilu yang sama dikatakan, penyelenggaraan pemilu harus memenuhi 11 prinsip yang meliputi:
Mandiri,Jujur,Adil,Berkepastian hukum,Tertib,Terbuka,Proporsional,Profesional,Akuntabel,Efektif Dan Efisien.

“Kalau nilai kelulusan CAT tidak dipublikasikan dalam pengumuman calon peserta Panitia pemilihan Kecamatan berarti Komisi Independen Pemilihan diduga melakukan permainan curang,” tutupnya geram.

Ketua KIP Aceh Tamiang, Ishak yang dihubungi AtjehUpdate memberikan jawaban singkatnya, “Itu sudah sesuai juknis, memang tidak dimunculkan nilai di pengumuman,” demikian Ishak.(BH)

Share :

Baca Juga

Aceh

Fachrul Razi Santuni Anak Yatim dan Bakar Semangat Masyarakat Ujung Pacu Lhokseumawe

Aceh

Breaking News! Angin Kencang Di Langsa Terbangkan Atap Sebuah Mesjid

Aceh

Selebgram TikTok Abu Laot Ditangkap oleh Polda Aceh

Aceh

DI 2024 Aceh-Lampung Tersambung Jalan Tol, Hemat Waktu 53 Jam

Aceh

Meski Pandemi Covid 19, Taman Wisata Hutan Kota Akan Dibuka Kembali, Robert : Langkah “PUNGOE”

Aceh

7 Kandidat Geuchik Matang Seulimeng Ambil Nomor Urut

Aceh

Paska Dicabut, Pelanggan Keluhkan Masih Ada SPBU Belum Mau Layani Kendaraan Tanpa Stiker

Aceh

MPU Aceh Diminta Bersikap Bijak dengan Fatwa yang Menyejukkan Ummat