Home / Politik

Rabu, 29 Maret 2023 - 00:14 WIB

DPRK Aceh Tamiang Buka Pendaftaran Tim Pansel Penjaringan Calon Anggota KIP

AtjehUpdate.com,- Kualasimpang | Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang melalui Komisi I membuka pendaftaran calon anggota tim Independen penjaringan dan penyaringan calon anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang periode 2023-2028.

Ketua Komisi I DPRK Aceh Tamiang, Miswanto, menjelaskan, bahwa pendaftaran calon anggota tim Independen penjaringan dan penyaringan untuk KIP Aceh Tamiang sesuai dengan Nomor: 01 Pansel-DPRK.ATAM/2023.

Pendaftaran calon Pansel ini dalam rangka melaksanakan Undang-Undang Nomor: 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh dan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2016 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan di Aceh.

Miswanto menyebutkan persyaratan
calon Pansel adalah, warga Negara Republik Indonesia, berusia paling rendah 30 tahun, berpendidikan paling rendah S-1, mampu membaca al qur’an, sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba, mempunyai integritas pribadi yang kuat, jujur dan adil, berdomisili di wilayah Aceh Tamiang yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk KTP.

Baca Juga :  Perjuangkan Fachrul Razi ke DPR RI, Keluarga Besar Majelis Azzabidie Kota Langsa Sampaikan Pernyataan Sikap

Selanjutnya para calon mengajukan surat lamaran (yang ditujukan ke Komisi I DPRK Aceh Tamiang) dengan melampirkan,
a. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
b. Pas photo warna layar belakang merah terbaru ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar.
c. Daftar Riwayat Hidup.
d. Foto Copy ljazah Yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang,
e. Surat pernyataan di atas materai RP 10.000, terkait bersedia tidak menjadi calon anggota KIP Aceh Tamiang serta calon anggota dalam pemilu selama yang bersangkutan menjalankan tugas sebagai tim independen.

Surat pernyataan dibubuhi materai Rp.10.000, tidak pernah menjadi anggota partai politik atau partai politik lokal yang dinyatakan dengan surat penyataan yang sah atau paling kurang dalam jangka waktu 5 tahun sebelumnya tidak lagi menjadi anggota partai politik atau partai politik lokal yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik atau partai politik lokal yang bersangkutan.

Kemudian, surat keterangan dari Ketua Pengadilan Negeri terkait tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Baca Juga :  Pimpinan DPK Aceh Tamiang Terima Kunjungan Tim Sosialisasi UUPA

Selanjutnya, surat pernyataan di atas materai Rp10.000, tentang tidak sedang menjadi tersangka, terdakwa atau terhukum, dan pelamar dapat melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung kompetensi calon.

Adapun waktu penerimaan pendaftaran mulai tanggal 27 Maret hingga 3 April 2023, pukul 09.30 WIB hingga 16.00 WIB (hari kerja). Permohonan diantar langsung ke Sekretariat DPRK Aceh Tamiang. “Jumlah panitia seleksi Anggota KIP sebanyak 5 orang dan bekerja paling lama 3 bulan,” ujar Miswanto.

Dalam seleksi calon anggota tim Independen penjaringan dan penyaringan calon anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang, kata Miswanto, tidak dipungut biaya atau pungutan dalam bentuk apapun. “Mudah-mudahan nantinya terpilih anggota tim Independen penjaringan dan penyaringan yang kredibel,” harapnya.(red)

 

Share :

Baca Juga

Aceh

Fachrul Razi Resmi Bertarung di DPR RI pada Pemilu 2024, Ini Alasannya

Politik

Dikpol V Partai Aceh: Nilai Tawar Politik Menentukan Keputusan Politik

Politik

Wow! Gaji Besar Anggota DPR & Ditanggung Negara Seumur Hidup

Aceh

Pertemuan Dengan Satpol PP-WH Aceh Utara, Fachrul Razi: Perintah UU Pemda, Wajib PNS

Politik

Politisi Golkar Ini Akui Suruh Puan Maharani Matikan Mikrofon Demokrat

Politik

Setara Institute Kritik Penunjukan Achmad Marzuki Sebagai Pj Gubernur Aceh

Politik

Buntut Perilaku Arteria Dahlan, Masyarakat Ramaikan Tagar Sunda Tanpa PDIP

Politik

Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Riau Resmi Dilounching