Home / Gaya Hidup

Selasa, 30 Mei 2023 - 16:49 WIB

Pj Wali Kota Langsa Resmikan Galeri Dekranasda Untuk UMKM

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Langsa resmi dibuka sebagai wadah memasarkan hasil produksi masyarakat yang bernaung pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM.). Gedung bersama ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, tepatnya di depan Lapangan Merdeka, Selasa (30/05/23).

Pj Walikota Langsa, Ir. Said Mahdum yang secara membuka selubung nama galeri tersebut menyampaikan, “semoga Galeri ini terus berjalan menjadi wadah semua UMKM Kota Langsa dalam memasarkan hasil produksinya”.

Said Mahdum menambahkan, Galeri ini di buka untuk umum bagi masyarakat Kota Langsa maupun luar daerah dapat langsung berkunjung sesuai dengan keperluan masing-masing, baik untuk oleh-oleh maupun kebutuhan harian.

“Para Kepala OPD dan Legislatif Kota Langsa, bila ada kunjungan kerja dari daerah lain, para tamu agar dapat dibawa ke Galeri Dekranas guna kebutuhan buah tangan mereka dan dapat membantu membangkitkan ekonomi masyarakat Kota Langsa,” harapnya.

Di sela-sela peresmian, Ketua DPRK Langsa Maimul Mahdi menyampaikan, bahwa dengan diresmikan galeri UMKM ini merupakan sebuah kemajuan bagi Kota Langsa, dan dapat merangsang masyarakat untuk memproduksi produk yang bisa dipasarkan sesuai kebutuhan dengan keahlian dan kemampuan masing-masing. Olehkarena sudah ada tempat untuk mereka pasarkan hasil produk mereka, serta dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

Baca Juga :  Gambar Shalat Jokowi Salah Kiblat, Roy Suryo Ikut-ikutan Menganalisa

Secara khusus, Ketua Dekranasda Kota Langsa, Ny. Cut Safrida yang juga istri Pj Walikota Langsa mengatakan, Galeri ini dibuat semata-mata untuk wadah agar dapat membantu masyarakat Kota Langsa yang terhimpun dalam UMKM untuk memasarkan produk apapun yang sudah mereka produksi.

Cut Safrida menjelaskan bahwa sudah ada beberapa produk yang diproduksi UMKM dari berbagai Gampong yang telah terpajang di Galeri Dekranas, Alhamdulillah ada yang sudah terjual ketika peresmian berlangsung ada beberapa tamu yang hadir dalam prosesi peresmian mereka berminat dengan hasil produksi UMKM kita.

“Adapun produk yang sudah terpajang di galeri berasal dari masing-masing UMKM Gampong yaitu, produk sirup dan kue bawang mangrove Gampong Kuala Langsa, kerupuk udang sabu Gampong Sei Lung, rangginang Gampong Blang, kulfi mangrove Gampong Alue Dua, yukimie Gampong Paya Bujok Tunong, kreasi mustika Gampong Paya Bujok Tunong, anyaman tikar Gampong Cinta Raja, lidi sawit Gampong Pondok Pabrik, aneka batik Gampong Tualang Tengoh, aneka kasab Gampong Matang Seulimeng, bordir Gampong Sidodadi dan Gampong Jawa, kerajinan batok Gampong Bukit Metuah dan Seuriget, aneka akrilik Gampong Merandeh Tengah, aneka gerabah Gampong Serambi Indah, pop corn caramel Gampong Paya Bujok Tunong, teh bunga tenang Gampong Sungai Pauh Induk, vas bunga bahan koran Gampong Paya Bujok Seulemak, masih ada beberapa UMKM yang belum mengantarkan hasil produksinya,” ujar Ibu Pj Walikota Langsa ini.

Baca Juga :  PKM Unsam Perkenalkan Tehknologi Alat Penyaring Tahu di Gp Sidodadi

Harapannya, agar masyarakat juga dapat meningkatkan perekonomian keluarga melalui UMKM yang ada. Dekranas juga akan terus berupaya membantu memasarkan baik lansung melaui Galeri maupun media sosial, dan akan membawa produk-produk yang sudah di produksi oleh berbagai UMKM ke daerah lain, tutup Cut Safrida.(red)

Share :

Baca Juga

Gaya Hidup

Tak Lazim, Wanita Ini Berbagi Suami dengan Ibu dan Saudara Perempuannya

Gaya Hidup

Fazlun Hasan Silaturrahmi & Halal bi Halal Bersama Pimpinan Dayah Kota Langsa

Gaya Hidup

Gambar Shalat Jokowi Salah Kiblat, Roy Suryo Ikut-ikutan Menganalisa

Gaya Hidup

Pejabat Jangan Alergi Dengan Kritikan

Gaya Hidup

Pemilihan Ketua Ancab PP Pasar Ikan Kota Langsa Sukses

Gaya Hidup

Pengelolaan Parkir Aceh Tamiang Diminta Serahkan Ke Pihak Ketiga

Gaya Hidup

Jernang Aceh, Bahan Obat Herbal yang Diburu di China

Gaya Hidup

Jamu Penghancur “Pelakor” Rumah Produksi SEROJA