Home / Uncategorized

Minggu, 10 September 2023 - 16:00 WIB

Bea Cukai Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal di Aceh Tamiang, Dua Orang Diamankan

AtjehUpdate.com,- Banda Aceh | Tim Bea Cukai Aceh berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal sebanyak 27 karton senilai Rp191,7 juta di wilayah Aceh Tamiang.

Selain barang bukti rokok, kata Leni, operasi penindakan itu berhasil mengamankan dua orang yang membawa rokok ilegal yang bermerek HD itu.

Kepala Bidang (Kabid) Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Provinsi Aceh, Leni Rahmasari mengatakan, tim Bea Cukai Aceh telah berhasil menggagalkan upaya peredaran rokok ilegal sebanyak 27 dus senilai Rp 191,7 juta dan juga berhasil mengamankan dua.

“Kedua orang itu berinisial RF dan AS. Saat ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut,” kata Leni dalam pers rilisnya, Minggu, 10 September 2023.

Baca Juga :  Jawaban Bupati Aceh Tamiang Atas Pandangan Umum Fraksi Amanat Persatuan dan Keadilan

Ia mengatakan, penggagalan rokok ilegal itu berawal dari informasi masyarakat, yang kemudian dibentuk tim gabungan dari DJBC Aceh dan KPPBC TMP C Langsa.

Lalu sekiranya pukul 09.00 WIB, tepatnya pada Senin 4 September 2023 dijalan Medan-Banda Aceh, Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, sambungnya, tim gabungan itu melakukan penghentian terhadap sarana pengangkut mobil Daihatsu Xenia berwarna hitam.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan didalam mobil itu sejumlah Barang Kena Cukai (BKC) Hasil Tembakau (HT) yang tidak dikenal pita cukai.

Baca Juga :  Bendungan Karet di Aceh Besar Mulai Dikerjakan, Ini Kata Irmawan

“Dari pemeriksaan terhadap mobil tersebut ditemukan 27 karton rokok yang tidak dilekati pita cukai bermerak HD,” kata Leni.

Leni menyebutkan pelanggaran terhadap rokok ilegal tersebut dikenakan Pasal 54 dan atau Pasal 56 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang cukai sebagaimana diubah menjadi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang harmonisasi peraturan perpajakan.

“Bea cukai berkomitmen mengawasi peredaran rokok maupun barang ilegal lainnya dan mengajak masyarakat melaporkan peredaran rokok dan barang ilegal lainnya karena berpotensi merugikan negara,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Ketua KPK: Pejabat Selewengkan Dana Wabah Korona Bakal Dihukum Mati

Uncategorized

Lakukan Pelecahan dan Pemerkosaan Terhadap Santriwati, Oknum Pimpinan Dayah di Langsa Dipolisikan

Uncategorized

Ketum BKPRMI Aceh Apresiasi TPQ Hidayatul Ulum Banda Aceh

Uncategorized

Sempat Diusir Sang Ibu, 5 Fakta Imam Asy-Syafi’i Ini Wajib Kamu Tahu!

Uncategorized

Tangkap Lepas Tersangka OTT Rokok Ilegal, Bea Cukai Langsa Diduga Kong Kalikong

Uncategorized

Meski Istri Non Muslim, Toleransi Beragama di Keluarga Zidane Begitu Indah

Uncategorized

Penyaluran KUR Januari-Agustus 2023 di Aceh Lampaui Target

Uncategorized

Ma’ruf Amin: Indonesia Target Jadi Produsen Halal Terbesar di Dunia