Home / Aceh / Lifestyle

Minggu, 5 November 2023 - 19:33 WIB

JEMPA Unsam Gelar Kegiatan “Jelajah Hutan Mangrove II”

AtjehJpdate.com,- Langsa | Jelajah Mahasiswa Pecinta Alam (JEMPA) Universitas Samudra menyelenggarakan kegiatan Jelajah Hutan Manggrove II, di kawasan Hutan Manggroe Kuala Langsa, Minggu, 5 November 2023.

Kegiatan yang didukung oleh Pemko Langsa, BPMA Aceh, Medco Energi, KPH III Wilayah Aceh, MPC PP Kota Langsa, PT Pekola, Satgas SAR Langsa, dirangkai dengan penanaman 100 batang pohon manggrove.

Penanaman itu dilakukan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unsam, Martahadi, Kaprodi Ekonomi Pembangunan Unsam, Safuridar, Kaprodi Akuntansi, Muhammad Salman, dari PT Pekola, Muhammad Nur, Ketua MPC Pemuda Pancasila Langsa, Fahmi Young didampingi Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan dan Lingkungan Hidup MPC PP Langsa, Doli Hutajulu.

Baca Juga :  Dirjen Gakkum Kementerian LHK Tangani Kasus Alih Fungsi Hutan Manggrove Oknum Pejabat Pemko Langsa

Ketua Umum JEMPA, Azzahra Nurul Qolbi, mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mengembalikan fungsi kawasan mangrove/hutan bakau yang terus berkurang dan bahkan hilang. Penanaman mangrove ini juga untuk merehabilitasi ekosistem pesisir.

“Mangrove merupakan salah satu ekosistem penting di pesisir,” ujar Azzahra didampingi Ketua Panitia, Dedek Ariani lewat rilisnya yang diterima media.

Azzahra menyampaikan, bahwa mangrove juga dapat mengurangi pencemaran laut. Karenanya, penanaman kembali hutan mangrove harus terus dilaksanakan, sebab selain untuk mengembalikan habitat, mangrove juga berperan dalam melindungi daerah pesisir.

Baca Juga :  Menuju 100 Hari Kinerja Kapolda Aceh yang Baru, Status Laporan Aliansi Elemen Sipil Menggugat Masih Ngambang

Ditambahkannya, kegiatan ini juga untuk melindungi pesisir kita dari kemungkinan adanya perubahan iklim, sehingga air dari permukaan laut naik atau gelombang besar sehingga bisa ditahan oleh pohon manggrove, ini memang proteksi alam yang diperlukan.

JEMPA Unsam juga telah melaksanakan kegiatan Workshop Ekspedisi Jelajah Hutan Manggrove, pada Sabtu, 4 November 2023, katanya.

Dalam Workshop itu menghadirkan pemateri dari KEMPRA, Andi Nur Muhammad dan perwakilan KPH III Wilayah Aceh, Dedi.

“Terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak-pihak terkait lainnya yang telah membantu kegiatan ini hingga bisa terlaksana,”.[red]

Share :

Baca Juga

Aceh

Laka Lantas Di Bayeun, Fortuner VS Supra

Aceh

Padahal Sudah Tujuh Tahun Memohon, Namun Warga Kuala Parek Ini Masih Huni Rumah Reot

Aceh

Polres Aceh Tamiang Kembalikan Ambulan, Gadjah Puteh Apresiasi Semua Pihak

Aceh

LSM Gadjah Puteh Gelar Diskusi Publik “Langsa Perspektif”

Aceh

Strategi Galang Suara Pemuda Untuk Partai Aceh, Fachrul Razi Gelar Lomba Layang Tunang Piala Partai Aceh di Lhokseumawe

Aceh

Lembaga Sosial Peduli Dzurriyyah Aceh Perkuat Silaturrahim Antar Dzurriyyah Aceh Timur Raya

Aceh

Crane Terjungkal Angkut Besi Jembatan

Aceh

Para Geuchik di Langsa Sudah Dihimbau Agar Tidak Mengusulkan Perangkatnya Terima BST