Home / Aceh

Minggu, 10 Desember 2023 - 19:58 WIB

Kanwil Bea Cukai Aceh Diduga Berhasil Amankan Rokok di Perairan Aceh Utara

AtjehUpdate.com,- Banda Aceh | Belum lama ini Bea Cukai Langsa berhasil mengamankan satu unit colt diesel yang membawa 180 karton rokok ilegal di Aceh Tamiang, bersama dengan supir dan kernek yang telah ditetapkan statusnya menjadi tersangka dan sedang dalam proses penyidikan.

Kemudian diketahui pada Kamis (7/12/2023), malam Jum’at sekitar pukul 02.00 WIB, Kanwil DJBC Aceh bersama jajaran dibawahnya kembali berhasil mengamankan 1000 karton rokok ilegal yang dimuat menggunakan kapal pengangkut kayu dari luar Indonesia yang coba dimasukkan melalui wilayah perairan Aceh.

Dalam kejadian itu diduga penangkapan itu turut diamankan 6 orang awak ABK bersama barang ilegal serta kapal pengangkut barang ilegal tersebut.

Baca Juga :  Negara Dirugikan Miliaran Rupiah, Bea Cukai Cuma Tangkap Lepas

Hingga berita ini diturunkan, pihak Bea Cukai Aceh yang dihubungi oleh salah satu wartawan belum memberikan pernyataan.

Sebagaimana kita tahu, sejak didemo dan digugat oleh masyarakat Bea Cukai Aceh mulai mawas dan berbenah untuk tidak macam-macam dengan kewenangannya mengutak atik naiknya penyidikan dan melepas tersangka.

Namun di sisi lain, lambatnya penanganan perkara dan masih tertutupnya Bea Cukai diduga adalah suatu penyakit yang harus menjadi atensi untuk para pimpinan negeri ini. Bahkan ada dugaan adanya oknum yang terlibat dalam hal masuknya penyelundupan rokok polos tanpa pita cukai dari luar negeri ke perairan indonesia karena sudah berulang kali ditangkap namun pelakunya tidak jera.

Baca Juga :  3 Harimau di Aceh Timur Mati Terjerat, 2 Orang Jadi Tersangka

Apakah hal ini kuat dugaan adanya permainan yang membiarkan para cukong untuk tidak ditindak dan hanya berhenti sampai dengan tingkat para awak kapal pengangkut, namun pembeli barang dan pemasok sama sekali tidak dapat diungkap atau diduga sengaja tidak mengungkap karena back up ataupun jaringan internal di Bea Cukai daerah khususnya Aceh maupun pusat.(red)

Share :

Baca Juga

Aceh

Irjen Achmad Kartiko Tiba di Aceh

Aceh

Staf Kecamatan Di Aceh Tamiang Diperiksa BKPSDM Karena Beristri Dua

Aceh

Proyek Irigasi Di Langsa Asal Jadi

Aceh

Ini Nama-Nama Sementara Perolehan Suara Teratas Caleg DPR RI Dapil 2 Aceh Hasil Real Count KPU RI

Aceh

Brigjen Pol. Syamsul Bahri Pensiun, Kursi Wakapolda Aceh Kosong

Aceh

Iman Suhery Jabat Camat Pada Dua Kecamatan Di Aceh Tamiang

Aceh

Jabatan Bupati Hampir Berakhir, Namun Masih Ada Sarana Umum Di Seruway yang Belum Terjamah

Aceh

GARANG Soroti Oknum ASN Disdukcapil Aceh Tamiang Bagi-bagi Proyek, FAMS : Patut Didukung