Home / Aceh / Hukum

Jumat, 29 Maret 2024 - 23:16 WIB

Sarat Unsur KKN, Sejumlah Proyek Pekerjaan di PTPN I Langsa Dimonopoli Dua Perusahaan Kontraktor

AtjehUpdate.com,- LANGSA | Sejumlah proyek pekerjaan di perusahaan pelat merah, yaitu PTPN I Langsa yang bernilai miliaran rupiah pada BUMN tersebut dimonopoli pelaksanaannya oleh 2 perusahaan kontraktor saja.

Proyek pekerjaan di perusahaan milik negara itu kental sekali aroma KKN nya, hal ini dapat dibuktikan dengan cara pengkondisian pekerjaan lebih dominan hanya untuk 2 perusahaan saja.

Dari data yang ada, 2 perusahaan dimaksud mendapat pekerjaan ratusan juta bahkan miliaran rupiah setiap paketnya, dan hal itupun telah berlangsung selama 3 tahun, yaitu sejak tahun 2021, 2022 sampai dengan tahun 2023.

Disinyalir pekerjaan itu didapat dengan pola KKN lewat cara pengkondisian dan kerjasama oleh orang dalam yang punya posisi kuat di badan usaha milik negara tersebut.

Baca Juga :  Diduga Bea Cukai Langsa Gagalkan Penyelundupan Ratusan Karton Rokok Ilegal

Bahkan diduga pelaksana atau rekanan yang melalsanakan pekerjaan itu merupakan oknum ASN di salah satu instansi pemerintah yang ada di sekitar wilayah kerja PTPN I Langsa.

Penelusuran media, ada 2 perusahaan yang selama ini begitu menguasai pekerjaan dimaksud, perusahaan itu adalah CV. KJ dan CV. PMP. Dalam rentang waktu hampir 3 tahun dua perusahaan tersebut seperti anak emas PTPN I.

Tak hanya banyak, namun waktu pelaksanaannya juga sangat cepat, dan proses pembayarannya juga secepat kilat, hingga diragukan kualitas pekerjaannya.

Baca Juga :  Beredar Kabar Oknum Komisioner KIP Langsa Diduga Pemilik Akun Bodong Sering Dinas Luar

Hal itu diduga telah bertentangan dengan Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Aksi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi.

Sehingga diduga telah terjadi tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan kewenangan terkait pengkondosian pada proses pelelangan Pengadaan barang dan jasa pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di PTPN I Persero.(red)

 

Share :

Baca Juga

Hukum

Polisi Diminta Usut Pengancam Wartawan

Aceh

Patah Tulang, Gubernur Aceh Dilarikan ke RSCM

Aceh

Dugaan Maling Volume Pekerjaan Jalan Nodai WTP ke 8 Walikota Langsa

Hukum

Lagi! KPK OTT Bupati Langkat

Aceh

Langsa Zona Merah, Tim Yustisi Lakukan Penyekatan 

Aceh

Tanah Milik Desa Kuala Parek Dijual Sepihak

Aceh

Sejak Digelar, Operasi Yustisi Covid 19 Di Aceh Timur Tindak 865 Orang Pelanggar

Hukum

PN Langsa Akan Gelar Sidang Pertama Praperadilan Terhadap Bea Cukai Langsa